-->

Notification

×

Iklan

LSM ICACI Dompu, Prihatin dengan Nasib Para Ketua RT/RW

Monday, May 18, 2015 | Monday, May 18, 2015 WIB | 0 Views Last Updated 2015-05-18T12:30:44Z
Dompu, Garda Asakota.-
Peran dan fungsi para Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) di tengah masyarakat sering dianggap sepele dan seakan dipandang sebelah mata oleh oleh warganya, dan dan juga oleh pemerintah. Padahal, menurut Ketua LSM Independen Commission Against Corruption Indonesia (LSM ICACI) Dompu, Aruji, keberadaan RT dan RW tentunya sangat penting demi lancarnya pengurusan dokumen atau data para warga yang membutuhkan surat-surat penting dalam kependudukan atau surat lainnya.
Meski dengan beban yang cukup merepotkan, namun sungguh miris nasib RT/RW, karena mereka sering mengeluh tdak pernah mendapatkan gaji sedikitpun dari pemerintah. “Pemerintah kelurahan dan pemerintah desa kerap mendiskreditkan mereka dengan alasan tidak becus mengurus beras Raskin misalnya, mengurus pertengkaran warganya sampai mereka lupa mengurus isteri dan anaknya, namun sayangnya, perhatian pemerintah terhadap kesejahteraan mereka masih sangat minim,” ungkap Aruji, kepada Garda Asakota, Rabu (6/5).
Pihaknya selaku LSM kerap mempertanyakan, apakah lembaga DPRD dan Pemerintah Daerah  masih mempunyai hati nurani dalam membahas kepentingan RT/RW. Berdasarkan keluhan yang kerap disampaikan kepada pihaknya, para pengurus RT/RW sangat berharap dewan dan pemda bisa memperhatikan aspek kesra yang memadai. “Beberapa waktu lalu, saya mendatangi beberapa rumah  Ketua RT, mereka menyampaikan keluhan yang sama seperti yang disampaikan di atas.
Mendengar semua curhat mereka, kami merasa sedih. Tapi kami katakan,  Insha Allah keluhan-keluhan ini akan kami sampaikan ke lembaga DPRD dan Pemda,” cetusnya. (GA. Akbar*)

×
Berita Terbaru Update