Header Ads

DKP Gelar Bintek Kelembagaan Kelompok

Kota Bima, Garda Asakota.-
Guna meningkatkan kapasitas dari sisi kelembagaan kelompok pelaku usaha di bidang Kelautan dan Perikanan yang ada di wilayah Kota Bima, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) setempat, menggelar Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Kelompok, Rabu (6/5) di Aula DKP kompleks eks kantor Pemkot. DKP Kota Bima, melibatkan sedikitnya 50 peserta yang terdiri dari unsur Kelompok Tangkap, Kelompok Budidaya, Kelompok Pengolahan dan Kelompok Pengawas Masyarakat.
Ketua Panitia, Jamaludin, SP, mengungkapkan bahwa kegiatan Bintek ini berlangsung selama tiga hari sejak Rabu hingga Jumat besok, (8/5). “Para peserta akan terlibat langsung dalam diskusi terkait sejumlah materi yang bersinggungan langsung dengan persoalan perikanan dan kelautan,” ujarnya kepada wartawan.
Kegiatan Bintek, lanjutnya, selain melibatkan para pegiat dan pelaku usaha di bidang perikanan dan kelautan, juga mengundang sejumlah nara sumber yang berkompoten baik dari DKP maupun dari Bappeda, BUKP2 dan LSM yang bergerak di bidang perikanan dan kelautan.
Kepala DKP Kota Bima, Ir. H. Sarafuddin, MM, menggarisbawahi bahwa pola dan pemberdayaan dilakukan guna mengatasi masalah utama ditingkat nelayan dan pelaku usaha bidang kelautan dan perikanan, yakni keterbatasan modal usaha, keterbatasan akses kepada sumber-sumber sarana produksi.
Untuk mengatasi hal tersebut, dalam pelaksanaannya program pembangunan kelautan perikanan dilakukan beberapa cara, diantaranya, penerapan berbagai pola pemberdayaan masyarakat pelaku pembangunan agribisnis, baik usaha swasta, aparat dan nelayan. “Kemudian memfasilitasi terciptanya iklim yang kondusif bagi perkembangan kreatifitas dan kegiatan ekonomi masyarakat,” jelasnya.
Selain itu, kata dia, penyediaan sarana dan prasarana fisik oleh pemerintah yang difokuskan pada pemenuhan kebutuhan publik yang mendukung sektor kelautan dan perikanan serta lingkungan bisnis secara luas. Serta memicu akselerasi pembangunan di wilayah dan merangsang tumbuhnya investasi masyarakat dan dunia usaha.
Dalam kegiatan peningkatan kapasitas kelembagaan tersebut, kata Kadis, difokuskan pada pemenuhan kebutuhan nelayan dan pelaku usaha bidang kelautan dan perikanan, untuk mendukung sektor kelautan dan perikanan serta lingkungan bisnis, secara luas. “Untuk  mewujudkan harapan itulah perlu dilakukan Bintek tentang peningkatan kapasitas kelembagaan yang difokuskan pada kebutuhan nelayan dan pelaku usaha,” tandasnya. (GA. 355*)

1 komentar:

  1. Syukur alhamdulillah saya ucapkan kepada ALLAH karna atas kehendaknya melalui MBAH RAWA GUMPALA saya sekaran sudah bisa buka toko sendiri dan bahkan saya berencana ingin membangun hotel dan itu semua berkat bantuan MBAH RAWA GUMPALA,saya tidak pernah menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini,atas bantuan MBAH RAWA GUMPALA yang telah memberikan nomor selama 3x putaran dan alhamdulillah itu semuanya tembus bahkan beliau juga membantu saya dengan dana ghaib dan itu juga benar benar terbukti,MBAH RAWA GUMPALA juga menawarkan minyak penarik kepada saya dan katanya minyak ini bisa digunakan untuk berbagai jenis keperluan dan baru kali ini saya temukan paranormal yang bisa dipercaya,,bagi teman teman yang ingin dibantu untuk dikasi nomor yang benar benar terbukti tembus atau dana ghaib dan kepengen ingin membeli minyak penarik silahkan hubungi MBAH RAWA GUMPALA di 085316106111 ini benar benar terbukti nyata karna saya sendiri yang sudah membuktikannya. BUKA BLOG MBAH RAWA GUMPALA

    BalasHapus

elshandy creative. Diberdayakan oleh Blogger.