Header Ads

Aksi Pemukulan Gong Tanda Dimulai Tahapan Pilkada Bima

Kabupaten Bima, Garda Asakota.-
Tahapan Pemilukada Kabupaten Bima dimulai pemukulan gong Sembilan kali oleh Bupati Bima, Drs. H. Syafruddin H. Nur, M.Pd, MM, Sabtu (2/5) menandai launching (pencanangan) tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima yang akan digelar tanggal 9 Desember 2015 mendatang. Acara ini berlangsung di Lapangan Desa Panda Kecamatan Palibelo, selain dihadiri Bupati Bima juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Bima, Murni Suciyanti, unsur FKPD Kabupaten Bima, Wakil Ketua DPRD, Komisioner KPU NTB, Agus M. Si, dan Ketua KPU Kabupaten Bima, Siti Nursusila, S. IP. Bupati mengatakan, acara ini begitu penting bagi bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai lembaga penyelenggara yang memiliki peran penting dalam demokrasi di Kabupaten Bima.
Sebab dalam beberapa waktu kedepan jajaran KPU Kabupaten Bima akan disibukkan dengan sejumlah tahapan Pemilukada.
Pasca dimulainya tahapan ini, KPU Kabupaten Bima akan melakukan tahapan pencalonan yang akan dilaksanakan pada 26-28 Juli dan pemilihan akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember mendatang. “Selaku kepala daerah, saya yakin bahwa pada saatnya nanti Ketua KPU Kabupaten Bima, para Komisioner dan Sekteratiat KPU akan mampu melaksanakan seluruh tahapan ini sesuai harapan,” ucapnya.
Bupati menyampaikan pentingnya dukungan dan koordinasi diantara instansi terkait, baik KPU, Panwas, Pemerintah daerah, aparat keamanan maupun pihak terkait lainnya agar terciptanya suasana yang sejuk, tertib, aman dan terkendali.  Atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Bima, saya menyambut baik dimulainya tahapan Pemilukada 2015.
“Semoga dapat berlangsung tertib, demokratis dan stabilitas tetap terjaga,” harapnya. Bupati menegaskan kembali dukungan pemerintah daerah bagi pendanaan Pemilukada tahun 2015, sebesar Rp18 Milyar, dan jumlah ini dipertimbangkan untuk dilakukan penambahan melalui APBD Perubahan.
Panitia Pelaksana yang juga Sekretaris KPU Kabupaten Bima, Aidin, SH, MH, menyampaikan bahwa, UU Nomor 8 tahun 2015 tentang Pemilukada mengamanatkan launching sebagai simbol dimulainya tahapan Pemilukada. Kabupaten Bima sendiri merupakan salah satu dari 269 kab/kota dan 9 Propinsi se-Indonesia yang akan melaksanakan Pemilukada secara serentak tanggal 9 Desember mendatang.
Aidin menambahkan, berdasarkan Peraturan KPU Nomor-2 Tahun 2015 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota, tahapan pemilihan penting disosialisasikan kepada semuruh komponen tentang dimulainya tahapan Pemilukada. Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya acara launching.
Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Bima, Siti Nursusila, S.IP, MM, menegaskan bahwa KPU Kabupaten Bima beserta jajaran dan Panitia Pengawas (Panwas) telah siap melaksanakan Pemilukada yang lancar, aman dan damai.
Dirinya juga berjanji akan menjaga harkat dan martabat sebagai penyelenggara pesta demokrasi. “Pemilukada merupakan pembuktian bahwa inilah cara terbaik memilih pemimpin dan mewujudkan Pemilukada yang demokratis adalah mutlak. Karena itu, perlu kerjasama, dukungan dan sinergitas semua pihak,” tegasnya.
Oleh karena itu Nursusila mengharapkan kerjasama Bupati, Camat dan kepala desa untuk mendukung pelaksanaan tugas-tugas lapangan KPU.
“Mohon camat dan kades yang akan membentuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa semoga bekerjasama dengan baik. Penyelenggara Pemilukada diharapkan menjaga integritas dan pelaksanaan Pilkada yang aman, damai dan sejuk adalah harga mati, buktikan Bima yang cinta damai,” ajaknya. (GA. Nawir*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.