Header Ads

Siswa SMKPPN Bima Prakerin di Sejumlah Propinsi

Kota Bima, Garda Asakota.-
Untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam memperoleh pengetahuan di sekolah sepertinya tidak cukup hanya dibekali dengan ilmu di bangku sekolah saja namun juga harus diimbangi dengan praktek langsung di lapangan agar siswa semakin bisa memantapkan dirinya menjadi seorang wirausaha di kemudian hari. 
Keterpaduan antara penyerapan ilmu teori dengan lapangan inilah yang saat ini tengah digenjot oleh Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan Negeri (SMKPPN) Jatiwangi Bima.
“Jadi anak didik kami selain mendapatkan serapan ilmu secara teori, juga kita ajari langsung melalui program Praktek Kerja Lapangan (PKL) atau Prakerin,” ungkap Ketua Panitia PRAKERIN (Praktek Kerja Industri) SMKPPN Jatiwangi Bima, Abdul Hamid, S. Pt, kepada Garda Asakota, Selasa (31/3).
Diakuinya, sejak tanggal 13 Maret hingga 12 Mei mendatang, para siswanya tengah melaksanakan PKL atau PRAKERIN di berbagai wilayah Propinsi RI.
Kegiatan ini, kata dia, memang rutin dilaksanakan tiap tahun semata-mata untuk semakin memantapkan bekal ilmu yang sudah diberikan. Pembelajaran di SMKPP memang dirancang dengan pendekatan pendidikan berbasis kompetensi, berbasis produksi, dan berbasis dunia usaha yang diimbangi dengan sikap, pengetahuan, dan keahlian. “Sehingga pada saat peserta didik menamatkan sekolahnya bila memang tekun melaksanakan kegiatan PKL bisa langsung menjadi seorang tenaga terampil yang siap pakai dan menjadi seorang wira usaha,” harap pria yang juga tercatat sebagai Wakasek Hubinmas SMKPPN ini.
Abdul Hamid merinci, untuk tahun 2015 PKL diikuti oleh 97 siswa yang tersebar di berbagai wilayah diantaranya 5 orang di Bogor, 20 orang di Malang, 53 orang di Mataram, 13 orang di Sumbawa dan 4 orang di Kota Bima. Para siswa ini, akan mendalami tiga jurusan yaitu TPH (Tanaman Pangan dan Holtikultura), ATR (Agribisnis Ternak Ruminansia) serta PKT (Perawatan Kesehatan Ternak). “Kami juga berharap kegiatan PKL/Prakerin ini disamping meningkatkan keahlian dan profesional siswa, juga sebagai dasar bagi para peserta didik untuk memiliki etos kerja, baik kemampuan, motivasi, inisiatif, kreatif, serta kualitas kerja dan kedisiplinan, sehingga apa yang menjadi alasan dan tujuan pelaksanaan kegiatan ini bisa benar-benar diwujudkan,” imbuhnya seraya menyebutkan bahwa SMKPPN-BIMA mulai membuka penerimaan siswa baru tahun pelajaran 2015/2016 pada pertengahan April nanti dengan gratis uang asrama, uang pembangunan, uang praktek, uang pendaftaran, dan uang OSIS. (GA. Hendrawan*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.