Header Ads

Serapan Anggaran Rendah, DPRD NTB Bersikap

Mataram, Garda Asakota.-
Mulai kemarin, Rabu (29/4), Komisi-komisi DPRD NTB mulai menggelar Rapat Evaluasi Penyerapan Anggaran pada Triwulan Pertama 2015 dengan SKPD di ruang lingkup Pem prov NTB. Sebagaimana diberitakan media ini sebelumnya, Fitrah NTB merilis rendahnya tingkat serapan APBD pada paruh triwulan pertama ini.
Menurut Wakil Ketua DPRD Provinsi NTB, Mori Hanafi, SE, M. Com, gelaran rapat evaluasi ini sendiri akan digelar hingga Selasa mendatang dengan tujuan untuk melakukan evalusi terhadap penyerapan APBD pada triwulan pertama tahun 2015 ini.
“Memang pada triwulan pertama itu target penyerapan APBD dari masing-masing SKPD itu agak kurang,” cetus pria yang dikenal sangat energik dan cekatan ini kepada wartawan, Rabu (29/4), di ruang kerjanya DPRD NTB.
Untuk menyikapi hal itu, maka lembaga dewan sejak Rabu memulai rapat-rapatnya dengan mitra kerja (SKPD).
Seperti di Komisi IV menggelar Rapat Komisi dengan Dinas PU. “Tapi memang dari tahun ke tahun penyerapan APBD itu oleh SKPD biasanya rendah. Biasanya didasari oleh aspek administratif dan ketidaksiapan juga di masing-masing SKPD. Tetapi kita melihat hal itu tidak terlalu mengkhawatirkan,” akunya.
Memasuki triwulan kedua ini maka pihaknya akan lakukan evaluasi, Dewan pasti bisa menganalisa rendahnya penyerapan anggaran di triwulan pertama itu karena factor apa. “Kemudian langkah apa yang akan diambil di triwulan kedua.
Nanti kita akan dapatkan laporan dari masing-masing komisi terkait hal ini. Sebab kalau menyangkut alasannya biasanya menyangkut hal yang sifatnya administratif, tapi menyangkut angkanya kita belum tahu. Dan untuk mengetahui apakah hal itu dapat berdampak pada pembangunan daerah biasanya dapat terukur pada triwulan kedua dan ketiga,” terangnya.
Rencananya, kata dia, rapat evaluasi itu akan digelar hingga Selasa mendatang. “Dan nanti tugas Banggar yang akan menyikapinya lebih lanjut,” pungkasnya. (GA. 211*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.