-->

Notification

×

Iklan

Pemkab Bima-BPJS Kesehatan Adakan Pemeriksaan Kesehatan

Thursday, April 23, 2015 | Thursday, April 23, 2015 WIB | 0 Views Last Updated 2015-04-22T23:49:25Z
Kabupaten Bima, Garda Asakota.-
Sebanyak 70 orang peserta melakukan pemeriksaan kesehatan gratis, Sabtu lalu (18/4) di halaman kantor Bupati Bima.
Mereka adalah sebagian dari ratusan karyawan yang mengabdi pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemerintah Kabupaten Bima yang mengadakan senam bersama.
Selain staf, tampak hadir Asisten II Setda Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Drs. Muzakkir, M.Sc dan Asisten III Bidang Administrasi Umum, H. Makruf, SE.
“Senam bersama ini  dirangkai dengan pemeriksaan kesehatan gratis dengan manajemen Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan Cabang Bima,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bima melalui Kepala Unit Manajemen Pelayanan Kesehatan Primer, Miftahul Jannah, SKM.
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) merupakan lembaga yang dibentuk untuk menyelenggarakan Program Jaminan Sosial di Indonesia berlandaskan  Undang-undang Nomor 40 Tahun 2004 dan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2011.
Berdasarkan UU No. 24 Tahun 2011 tentang BPJS dibentuk BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. “BPJS Kesehatan adalah perusahaan asuransi merupakan badan penyelenggaranya yang kinerjanya nanti diawasi oleh DJSN (Dewan Jaminan Sosial Nasional),” terang Miftahul.
Untuk meningkatkan akses informasi menyangkut beragam layanan manajemen BPJS Perwakilan Bima melakukan sosialisasi intensif dengan mitra kerja.
Miftahul mengatakan, tahun 2015, pendekatan yang dilakukan instansinya adalah program promotif dan preventif peserta BPJS yang ditujukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Selain senam, khusus untuk wanita, tersedia layanan pemeriksan Pap Smear untuk mendeteksi kanker leher rahim dan IVA, prolanis dan  edukasi.
Dalam tahun anggaran 2015, titik berat kegiatan BPJS adalah melakukan kegiatan sosialisasi beragam program dan layanan kepada peserta BPJS.
“Upaya ini dilakukan melalui pemberian informasi secara langsung kepada para calon peserta baik di sekolah, desa, organisasi profesi maupun organisasi kemasyarakatan,” katanya. Dirinya mengajak masyarakat pemegang kartu BPJS yang belum pernah melakukan pemeriksaan untuk segera melakukan pemeriksaan kesehatan. Untuk wilayah operasi BPJS di tiga kabupaten yaitu Dompu, Kabupaten Bima dan Kota Bima dapat melakukan pemeriksaan kesehatan pap smear gratis pada labotatorium kesehatan Prodia.
Ke depan, agar program BPJS lebih dikenal, maka koordinasi akan lebih dioptimalkan. Target pada tiga kabupaten yaitu 600 peserta terdaftar melakukan pemeriksaan kesehatan “Pap Smear”. 
Menutup penjelasannya, Miftahul mengharapkan, koordinasi dan kemitraan akan semakin baik. Pada saat yang sama juga lebih melibatkan BPJS dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan agar dapat melakukan sosialisasi dan mendukung beragam regulasi yang mendukung program BPJS. (GA. 212*)

×
Berita Terbaru Update