-->

Notification

×

Iklan

BPMDes Rekrut Sarjana Pendampingan Desa

Tuesday, April 7, 2015 | Tuesday, April 07, 2015 WIB | 0 Views Last Updated 2015-04-07T14:30:12Z
Kabupaten Bima, Garda Asakota.-
Pada hari Selasa lalu (31/3), Menteri Desa PDT dan Transmigrasi meresmikan Program Pendampingan Desa untuk 74.093 desa di seluruh Indonesia. Peresmian tersebut bertempat di Hotel Bidakara Jakarta dalam Rapat Koordinasi Nasional Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi yang di hadiri oleh para Gubernur, Bupati, Kepala Bappeda, Kepala BPMDes dan Kepala Disnakertrans seluruh Indonesia. Kepala BPMDes Kabupaten Bima, Drs. Abdul Wahab Usman, SH, menjelaskan, untuk tahap pertama Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi akan merekrut sebanyak 16 ribu orang pendamping dalam bulan April ini.
Rekrut ini, kata dia, rencananya akan dilakukan secara Nasional dengan memprioritaskan para eks fasilitator PNPM dan para pelaku pemberdayaan masyarakat yang selama ini sudah berkiprah dalam pemberdayaan desa. Program Pendampingan ini sebagai wujud implementasi dari amanat UU No: 6 tahun 2014 tentang Desa.
“Dengan pendampingan diharapkan para pengelola keuangan di desa akan dapat maksimal dalam melaksanakan tugasnya mengelola anggaran desa yang sudah dialokasikan kepada masing-masing Desa,” ungkapnya kepada wartawan, Sabtu (4/5).
Mantan Kabag Humaspro ini menambahkan, dalam Rakornas yang dihadirinya juga membahas berbagai petunjuk tekhnis tentang pelaksanaan kegiatan pemerintah desa termasuk hal-hal teknis berkaitan dengan pendampingan desa.
Ketika disinggung jatah untuk Kabupaten Bima, Abdul Wahab mengaku, kemungkinannya Pemkab Bima akan mendapat jatah sekitar 50-an orang.
“Kemungkinan kita akan mendapatkan sekitar 50-an orang, yang direncanakan akan direkrut akhir April atau awal Mei mendatang,” sahutnya. (GA. 212*)

×
Berita Terbaru Update