Header Ads

Walikota Buka MTQ ke-10 tingkat Kota Bima

Kota Bima, Garda Asakota.-
 Tak seperti biasanya kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang digelar sebelumnya semeriah ini.
Semoga saja dengan terus digelarnya MTQ tingkat Kota Bima yang dibuka secara resmi oleh Walikota Bima, Senin malam (9/3) di arena MTQ Jalan Diponegoro Lapangan Asakota depan KLK (kantor Bupati Bima, red),
memberi makna kepada warga  masyarakat agar tak bosan-bosannya mendalami dan memahami kandungan ayat suci Al-Quran.
“Semoga, melalui Musabaqah Tilawatil Quran dapat menjadi upaya untuk membangun manusia yang Islami. Semangat ini harus ada dalam hati semua peserta. Sebab, pemahaman yang utuh terhadap nilai-nilai universal Al-Quran dapat memberikan kontribusi dalam membangun tatanan diri yang bermartabat,” harap Walikota Bima, HM. Qurais H. Abidin, ketika menyampaikan sambutannya.
Kegiatan pembukaan MTQ ke-10 tingkat Kota Bima ini dibuka secara resmi oleh Walikota Bima. Menariknya, selain dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Bima, Feri Sofiyan, SH,  Ketua TP PKK Kota Bima, Hj. Yani Marlina M. Qurais, DR. Hj. Siti Maryam (Ina Ka’u Mari), Ketua MUI Bima, Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Bima, FKPD Kota Bima, Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB), Camat, Lurah serta Kepala SKPD se-Kota Bima, juga turut dihadiri oleh Bupati Bima, Drs. H Syafrudin HM. Nur, M.Pd,. Walikota menekankan bahwa MTQ merupakan kegiatan yang telah mentradisi dan melekat dalam kultur masyarakat.
Diakuinya, penyelenggaraan MTQ senantiasa memiliki daya tarik serta ruang tersendiri dalam kehidupan masyarakat, mengingat event keagamaan ini selain menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif, juga secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan di daerah. “Bagi kita semua, Musabaqah Tilawatil Quran ini tentunya memiliki nilai dan makna tersendiri sebagai penyejuk dan perekat kebersamaan. Oleh karena itu, saya mengajak seluruh masyarakat mendoakan supaya pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran ke-10 tingkat Kota Bima dapat berjalan lancar dan sukses,” ajaknya. Kepada dewan hakim dan dewan juri Walikota mengharapkan dapat melaksanakan tugas dengan senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas dan keadilan.
Pantauan langsung wartawan, pembukaan MTQ ditandai dengan penekanan tombol sirine yang dilakukan oleh Walikota Bima HM Qurais H Abidin, disaksikan oleh Bupati Bima, Ketua DPRD, Ketua MUI, Kapolres Bima Kota, dan Kepala Kementrian Agama Kota Bima.
Pada pembukaan MTQ ke 10 kali ini juga dimeriahkan dengan hiburan marawis dari majelis taklim Mar’atus Shalihah yang diasuh oleh Ketua TP PKK Kota Bima, Hj Yani Marlina M Qurais.
Ketua Panitia Pelaksana, Ir. H. Muhamad Rum, mengucapkan terimakasih atas kehadiran para undangan pada acara MTQ ke 10 tingkat Kota Bima. Disampaikannya Tahun 2015 ini ibarat Tahun Percepatan atau Akselerasi bagi Kota Bima. Seluruh kegiatan dilaksanakan dengan segera, dengan menjunjung prinsip efisiensi. Adapun Tema MTQ ke-10 ini adalah:
“Melalui MTQ Ke-10 Tingkat Kota Bima Tahun 2015, Kita Dukung Program Gerakan Maghrib Mengaji Dan Kota Bima Berzakat,” tutur pria yang juga  Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bima.
Rum juga menyampaikan mata lomba yang akan dipertandingkan pada MTQ ke-10 tingkat Kota Bima tahun 2015 adalah: Cabang Tilawah, Tahfidz, Syahril, dan Fahmil Qur’an, serta cabang Khot Qur’an dengan rincian sebagai berikut: Kecamatan Rasanae Timur sebanyak 22 peserta; Kecamatan Raba sebanyak 22 peserta; Kecamatan Mpunda sebanyak 22 peserta; Kecamatan Rasanae Barat sebanyak 22 peserta; dan Kecamatan Asakota sebanyak 22 peserta.
Jumlah keseluruhan peserta yang ikut MTQ ke-10 ini adalah: 80 peserta perorangan dan 10 grup. MTQ ke-10 Tingkat Kota Bima akan dilaksanakan selama 5 hari, mulai tanggal 9-13 Maret 2015.
“Kegiatan ini terlaksana atas dukungan Pemerintah Kota Bima juga masyarakat. Untuk diketahui pula anggaran untuk kegiatan MTQ tersebut sebesar Rp300 juta. Semoga saja dengan anggaran ini kegiatan MTQ ini terlaksana dengan baik tanpa ada hambatan,” harapnya. (GA. 355*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.