-->

Notification

×

Iklan

Walikota Buka Lomba Memancing Ikan Air Tawar

Monday, March 16, 2015 | Monday, March 16, 2015 WIB | 0 Views Last Updated 2015-03-16T01:44:12Z
Kota Bima, Garda Asakota.-
Didampingi sejumlah pimpinan SKPD lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Bima, Minggu (15/3), Walikota Bima, HM. Qurais H. Abidin, membuka secara rsemi kegiatan lomba mancing ikan air tawar di lokasi kolam Monggonao Saung Miratun Taman Ria Kota Bima.
Kegiatan ini diikuti 47 orang peserta atau 37 tim baik dari kalangan pejabat lingkup Kota maupun masyarakat umum lainnya. Menurutnya, ajang ini semata-mata untuk melatih kesabaran manusia secara umum. Karena menurutnya, masyarakat secara kasat terlihat tak memliki kesabaran dalam berusaha. “Selain melatih kesabaran, saya juga meminta kepada masyarakat untuk terus membudidayakan ikan di wilayah Kota Bima,” ujarnya.
Pada lomba ini peserta diharapkan untuk mampu menjadi yang terbaik. Bukan hanya hadiah yang diharapkan, akan tetapi bagaimana kegiatan ini terus dilaksanakan dalam mewujudkan keharmonisan dalam menjalin silaturahim antara satu sama lain.
Untuk kedepannya, Walikota berharap kegiatan lomba mancing ini akan melibatkan sejumlah pengusaha terutama sekali BUMN yang ada di Kota Bima. “Saya akan libatkan Bank Mandiri, Bank NTB, Bank Pesisir dan sebagainya supaya kegiatan lomba mancing terlihat lebih meriah,” katanya.
Sementara, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Bima, Ir. H. Syarafudin, MM, menuturkan bahwa lomba mancing ikan air tawar ini merupakan rangkaian acara peringatan Hari Jadi ke-13  Kota Bima. Dia menekankan, perayaan ini bukan ajang mencari siapa pemenang atau kalah, akan tetapi acara ini sengaja dihelat untuk ajang silaturahim.
Dasar dan tujuan terlaksananya kegiatan ini sesuai keputusan Walikota Bima Nomor 198 tahun 2015 tentang pembentukan panitian HUT ke-13 Kota Bima. “Salah satu tujuannya meningkatkan minat masyarakat dalam kegiatan memancing di air tawar. Sehingga diharapkan nantinya masyarakat memiliki keinginan menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan  perairan, sekaligus memasayarakatkan gemar makan ikan dalam meningkatkan mutu gizi,” imbuhnya.
Sumber pendanaan lomba kegiatan ini, kata Syarafudin, berasal dari Pemkot Bima dibantu Bank Pesisir.
Kegiatan ini dimulai pukul 11.00 Wita, dengan jumlah ikan yang dipersiapkan dari berbagai jenis sebanyak 10.000 ekor. “Ikan yang dilepas dalam kolam tersebut sejak satu minggu kemarin dan sudah dilatih untuk diperlombakan, dan dilatih pula untuk bermain dengan pancing.
Ukuran ikan beragam, mulai dengan berat antara 10 gram sampai 1,5 kg,” terang Kadis DKP. (GA. 355*)

×
Berita Terbaru Update