Header Ads

USAID Tawarkan Program Beasiswa untuk Masyarakat NTB

Mataram, Garda Asakaota.-
Gubernur NTB, TGH. M. Zainul Majdi, menerima kunjungan tiga orang perwakilan dari United States Agency for International Development (USAID) atau Badan Bantuan Pembangunan Internasional Amerika, Selasa (3/3), di ruang kerja Gubernur NTB.
Kunjungan tiga orang  perwakilan USAID ini untuk menawarkan kerjasama kepada Pemprov NTB  tentang program beasiswa prestasi
(Program to Extend Scholarship and Training to Achieve Sustainable Impacts) bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan masyarakat NTB yang ingin melanjutkan pendidikan Pasca Sarjana (S2) di perguruan tinggi yang ada di Amerika.
Ahmad Abdullah sala satu perwakilan USAID menyebutkan, program beasiswa prestasi ini memiliki kaitan dengan bidang lingkungan hidup, pendidikan, kesehatan, politik dan demokrasi serta Economic Growth. Namun, untuk tahun ini beasiswa yang ditawarkan terlebih dahulu difokuskan pada bidang lingkungan hidup dan pendidikan.
“Ini adalah rencana kerjasama kami dengan pemerintah daerah NTB untuk beasiswa S2 dan training ke Amerika Serikat. 75 persen diutamakan untuk pegawai negeri sipil dan 25 persen sisanya untuk non PNS,” katanya.
Beasiswa Prestasi, akan menyasar calon penerima beasiswa berkualitas serta menunjukkan performa kepemimpinan terbaik yang datang dari sektor publik atau swasta, demi mendukung pembangunan yang ada Indonesia khususnya di NTB. Bagi pelamar yang telah dinyatakan lulus Beasiswa Prestasi, nanti akan diberikan pelatihan yang mencakup tiga komponen utama yaitu pelatihan Bahasa Inggris maksimal selama 6 bulan, pelatihan kepemimpinan dan pelatihan statistic.
Tawaran tersebut tentunya disambut hangat Gubernur NTB. Pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada USAID atas tawaran program Beasiswa Prestasi yang ditujukan untuk kalangan PNS dan masyarakat NTB.
“Saya sangat mengapresiasi dan berharap program ini bisa segera dimulai. Kalau dalam program ini diutamakan PNS memang sesuai dengan harapan kami.
Walaupun ke depannya, kami juga mengharapkan akan hadir program-program yang bisa lebih menjangkau masyarakat kami, karena anak-anak muda di NTB banyak yang memiliki potensi,” ujar Gubernur yang akrab disapa TGB tersebut.
Gubernur mengakui, sumber daya manusia di NTB perlu terus dipertajam dan diasah kemampuannya, agar bisa menjadi pelayan publik yang kompeten dan bisa memahami metode-metode pelayanan publik yang sekarang sedang berkembang.
Diapun menegaskan, akan membicarakan lebih lanjut tawaran kerjasama program Beasiswa Prestasi ini, khususnya dengan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, yang dalam waktu dekat diagendakan akan melakukan kunjungan kerja ke NTB. , cetusnya. (GA. Joni/adv*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.