-->

Notification

×

Iklan

Tim Ekspedisi NKRI Temukan  Ratusan Flora dan Fauna Baru di Kabupaten Bima

Monday, March 9, 2015 | Monday, March 09, 2015 WIB | 0 Views Last Updated 2015-03-09T02:38:49Z
Hari kelima belas Penjelajah Tim Ekspedisi Negara Kesatuan Republik Indonesia  (NKRI ) Koridor Nusa Tenggara Sub Korwil 4 Bima menemukan sejumlah fakta menarik kekayaan alam Kabupaten Bima khususnya yang membentang di sepanjang wilayah Kecamatan Sape dan Lambu.
Tim Ekspedisi NKRI yang terdiri dari para peneliti, TNI, Polri, Pemkab Bima serta Mahasiswa berhasil menemukan sebanyak 52 flora dan lebih dari 100 fauna baru di kecamatan Sape dan Lambu.
Wakil Komandan Sub Korwil 4/Bima, Kapten Inf. Tri Wiratno  mengungkapkan, ekspedisi yang melibatkan 130 orang tersebut telah banyak menemukan potensi daerah meskipun baru dilaksanakan pada dua kecamatan di Kabupaten Bima.
“Ekspedisi NKRI  NTB khususnya Sub Korwil Bima yang telah berlangsung sejak Februari lalu akan menjelajahi seluruh wilayah Bima sampai Juni 2015 mendatang”, ujar Wiratno yang ditemui di “Doro Saboke” desa Lambu Kecamatan Lambu, Rabu, (4/3/15), sebagaimana dilansir Kabag Humaspro Pemkab Bima, M. Chandra Kusuma, AP.
Kegiatan ekspedisi ini lanjut Wiratno, meliputi penjelajahan, penelitian di bidang kehutanan, flora dan fauna, potensi bencana, sosial budaya, geologi dan pengabdian masyarakat. Selain berhasil menemukan flora dan fauna baru, tim ekspedisi juga berhasil menemukan bidang geologi berupa 2 temuan batuan mengandung kristal dan  fosil kayu. Pada bidang potensi bencana, tim ekspedisi  menemukan beberapa fakta tentang potensi  tanah longsor, angin puting beliung, banjir dan abrasi pantai.
Di bidang kehutanan, tim juga menemukan beberapa titik hutan rusak dan pembalakan hutan secara liar (illegal logging). Sementara di bidang sosial budaya juga ditemukan 2 benda cagar budaya, goa, tarian, legenda dan cerita rakyat.
“Tujuan ekspedisi ini, untuk menggali potensi sumber daya alam, mulai dari mineral, kehutanan, pertanian, hingga objek wisata sehingga dapat dipetakan. Dengan begitu, bisa menjadi masukan bagi pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk proses pembangunan,” jelas Wiratno.
Pada akhirnya, kehadiran kegiatan Ekspedisi NKRI di Kabupaten Bima, akan dapat membangun kepedulian, kebersamaan dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan nasional melalui program-program pelestarian lingkungan dan kesehatan serta penelitian geologi yang meliputi penelitian resiko bencana, penelitian fauna dan flora, serta pendataan sumber daya alam. (GA. 212*)
×
Berita Terbaru Update