Header Ads

Letjend Waris: Walikota Pejabat Tertinggi di Daerah

Kota Bima, Garda Asakota.-
Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) Letnan Jenderal TNI Waris, didampingi salah satu anggota DPR RI dari Duta Partai Amanat Nasional (PAN), Kamis lalu (5/3) menyampaikan bahwa kepala daerah seperti Walikota adalah pejabat tertinggi daerah.
Dan ini sudah menjadi kewajiban, anggota Forum Komunikasi Kepala Daerah (FKPD)
tunduk alias menghargainya dalam setiap kegiatan yang menjadi program Pemerintah Kota Bima. “Yang pasti Walikota itu adalah pimpinan tertinggi di daerah. Sebab mereka merupakan pejabat politik hasil pilihan rakyat,” ujarnya saat berkunjung di kantor Pemkot Bima.
Menurut Waris, posisi Walikota sama dengan presiden. Dimana mereka diberikan kebijakan untuk memimpin daerah.
Serta diberikan tongkat komando untuk memerintah perangkat pendukungnya.
FKPD lanjutnya, merupakan salah satu perangkat pendukung Walikota dalam menjalankan tugas, apa yang menjadi perintah dan kebijakannya sudah pasti harus dilakukan. “Polisi, Jaksa, Pengadilan, dewan dan TNI itu penunjang kerja kepala daerah,” tegas mantan Pangdam Jaya ini. “Kapolres dan Dandim juga harus respon, perintah Walikota langsung dikerjakan.
Sebab, tongkat tertinggi di tangan Walikota,” kata Jenderal bintang tiga ini. Pada momentum pertemuan di ruang kerja Walikota tersebut, periwara tertinggi TNI ini juga menegaskan kepada HM Qurais untuk memanfaatkan anggota TNI dan Polri semaksimal mungkin. Terutama dalam bidang sosial kemasyarakatan. “Kalau ada sekolah yang sursak suruh mereka perbaiki. Tenaga mereka ini siap untuk digunakan,” tandasnya. (GA. 355*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.