Header Ads

Hadapi UAS, Sekolah-Sekolah yang Tergabung di Sub Rayon-13 Susun Soal

Kabupaten Bima, Garda Asakota.-
Penyusunan soal-soal Ujian Sekolah (UAS) tahun pelajaran 2014-2015 yang dilaksanakan oleh sekolah yang bernaung di Sub Rayon-13 SMPN-1 Wera Kabupaten Bima diadakan secara bersama-sama oleh peserta penyusun soal.
Mereka itu terdiri dari guru-guru utusan di masing-masing SMPN/Mts Sub Rayon-13 dengan waktu pelaksanaan sehari penuh, Rabu (18/3).
“Penyusunan soal ujian sekolah kita lakukan secara bersama-sama,” kata Ketua Sub Rayon-13, Kepala SMPN-1 Wera, Muhammad Said, SE, kepada wartawan.
Dijelaskannya, tim penyusun soal ujian sekolah terdiri dari perwakilan guru-guru yang ada di Sub Rayon-13 Kabupaten Bima dengan jumlah guru sebanyak 78 orang yang dikelompokkan menjadi 6 kelompok mata pelajaran berdasarkan rumpun mata pelajaran masing-masing.
“Adapun tata cara dan tehnik penyusunan soal ujian sekolah antara lain soal ujian yang disusun tersebut selanjutnya digandakan oleh ketua sub rayon sebelum dibagikan kepada sekolah-sekolah penyelenggara berdasarkan jumlah siswa atau peserta ujian. Jumlah soal ujian yang disusun terdiri dari 2 bidang studi yaitu Eksas/Mipa sebanyak 40 nomor soal dan untuk non Eksas sebanyak 50 nomor soal,” jelasnya.
Menurut rencana pelaksanaan UAS di tingkat SMP/MTS diselenggarakan secara serentak di sekolah masing-masing pada akhir bulan Maret atau sekitar tanggal 30 Maret hingga tanggal 4 April mendatang.
Muhammad Said menambahkan, antara UAS dan Ujian Nasional (UAN) keduanya sama-sama kedudukannya. “Hanya saja yang membedakannya antara lain soal UAS disusun oleh sekolah-sekolah, sementara untuk soal UAN disusun secara Nasional,” terangnya. (GA. 222/adv*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.