Header Ads

Danrem 162 Wira Bhakti Pastikan Keamanan Kehadiran Presiden di Bima

Kota Bima, Garda Asakota.- 
Event Tambora Menyapa Dunia (TMD) akan digelar tanggal 11 April mendatang. Besar kemungkinan, Presiden RI, Bapak Joko Widodo, akan hadir meramaikannya. Sebelum orang nomor satu di Indonesia itu hadir menginjakkan kaki di Bima, diperlukan penanganan dan kesiapan keamanan Very-Very Importent Person (VVIP).

“Sebagai tuan rumah, menjadi kewajiban dan tanggungjawab TNI dan Polri untuk memastikan suasana dan kondisi teritorial daerah NTB terutama sekali wilayah Dompu-Bima serta kawasan Gunung Tambora,” ujar Danrem 162 Wira Bhakti, Kolonel Czi, Lalu Rudy Irham Srigede, Kamis malam (20/3), saat bersilaturahim bersama jajaran pejabat Pemkot Bima dan pejabat FKPD di kediaman Walikota Bima.
Menurutnya, menghadapi event TMD, tentu pelayanan keamanan harus disiapkan semaksimal mungkin, apalagi berkaitan dengan kehadiran Presiden RI.
Pihaknya mengakui, tidak bekerja sendiri, bahkan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) terlibat langsung mendukung persiapan keamanan menjelang hari terlaksananya kedatangan Jokowi.
“Yang pasti SOP pengamanan yang disiapkan dibagi dalam ring-ring tahapan yakni ring-tiga hingga ring satu,” jelasnya.
Dipastikannya, kondisi keamanan NTB khususnya Bima-Dompu aman dan kondusif, tidak ada kendala dan masalah yang mencurigakan hingga akan menggangu proses jalanya event TMD, termasuk menyangkut jaminan keamanan kedatangan Presiden. “Saya pastikan kondisi keamanan kondusif,” tegasnya.
Terkait dengan rencana penginapan Presiden di Bima, Danrem belum bisa memastikannya. “Saya belum bisa pastikan, apakah Presiden akan mampir dan menginap di Kota Bima atau tidak.
Sampai hari ini belum menerima tentatif dari staf Kepresidenan terkait jadwal kunjungannya.” Jawab Rudy.
“Kami hanya diperintahkan menyiapkan segala sesuatu terkait SOP dan Protap pengamanan saja. Tetapi tidak menutup kemungkinan bapak Presiden akan berada di Kota Bima juga, kita lihat saja nanti. Kita persiapkan saja pengamanannya. Soal hadir atau tidak di Bima tergantung sungguh Presiden,” katanya.
Sementara itu, Walikota Bima, HM Qurais H Abidinm yang saat itu mendapingi Danrem, memastikan Kota Bima siap menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo. Jika berkenan hadir dan menginap di Kota Bima, Walikota mengaku hal itu merupakan kado terindah buat masyarakat dan Pemkot Bima.
Apalagi rencana kedatangan orang nomor satu di Indonesia ini bertepatan dengan Hari Jadi ke-13 Kota Bima. “Dan ini juga akan berdampak positif luar biasa bagi masyarakat Kota Bima. Yang pasti Masyarakat siap menyambut kedatangan Presiden apalagi bisa mampir dan menginap di Kota Bima,” ucap Walikota Bima. (GA. 355*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.