-->

Notification

×

Iklan

Pemkot Gagal Belanjakan Mobil Dinas Ketua Dewan

Monday, January 19, 2015 | Monday, January 19, 2015 WIB | 0 Views Last Updated 2015-01-19T04:07:08Z
Tahun Ini, Justru Siap Beli Mobil Baru Walikota
Kota Bima, Garda Asakota.-
Tahun 2014 kemarin, Pemerintah Kota (Pemkot) Bima melalui Bagian Umum sudah mempublikasikan rencana pengadaan mobil dinas baru untuk Ketua DPRD Kota Bima periode Tahun 2014-2019, sementara karena keterbatasan anggaran mobdis untuk dua Pimpinan DPRD lainnya direncanakan pengadaannya tahun 2015 ini.  Namun berdasarkan informasi yang diperoleh wartawan, rencana pengadaan mobdis untuk Ketua DPRD yang disediakan sebesar Rp530 juta, justru gagal dibelanjakan oleh Bagian Umum Pemkot Bima lantaran stok mobil yang direncanakan habis di pasaran.
Kepada Garda Asakota, Jumat (1/1), Plt. Bagian Umum Setda Kota Bima, Rusdhan HAR, mengakui melalui APBD-P Tahun 2014 sudah dianggarkan sebesar Rp530 juta untuk pengadaan mobil dinas Ketua DPRD jenis mobil Toyota Fortuner. “Memang kita sudah anggarkan dana untuk pembelian mobil ketua dewan, cuman sekitar pertengahan November 2014, kami mendapatkan informasi bahwa mobil yang kita rencanakan itu sudah tidak berproduksi lagi oleh pihak rekanan,” ujar Rusdhan.
Kabag Umum mengakui awalnya direncanakan pembelian mobil fortuner, namun karena dibilang produksi tahun 2014 sudah habis, maka rencana itu gagal dilakukan. Ketika disinggung apakah tidak bisa dilakukan revisi RAB atas rencana tersebut?, Rusdhan mengaku pihaknya tidak memiliki cukup waktu untuk perubahan RAB-nya. “Soalnya proses pengadaan mobdis butuh waktu untuk melakukan pembelian karena banyak tahapan-tahapan,” katanya.
Asumsi pihaknya kemarin di tahun 2014 sebenarnya bisa dibelanjakan, tapi karena informasi dari rekanan terlambat, makanya kita belum menganggarkan kembali untuk tahun 2015. “Begitupun dengan rencana pembelian mobil baru untuk mobdis dua Pimpinan DPRD Kota Bima lainnya, belum kita anggarkan,” tegasnya.
Lantas kenapa tidak dilakukan survey dan perencanaan yang matang sebelumnya guna memastikan stok mobil tersedia oleh pihak rekanan?, Kabag Umum beralasan, bukan pihaknya tidak melakukan survey tapi karena adanya keterlambatan informasi kehabisan stok oleh perusahaan.
“Awalnya kan, ada stok. Tapi di tengah jalan, mungkin karena banyak yang laku, jadi kehabisan stok,” katanya.
Pada saat survey apa tidak ada jaminan atau komitmen Pemkot Bima kepada pihak rekanan bahwa Pemkot Bima pasti akan membelinya sesuai pagu dana yang tersedia, apalagi Pemkot Bima akan membayar cash?. “Masalahnya, informasi tidak adanya stok telat mereka sampaikan, apalagi sudah akhir tahun,” sahutnya berkelik.
Akibat keterlambatan informasi itu, pihaknya memastikan bahwa dalam APBD awal 2015 rencana pembelian mobil baru untuk tiga Pimpinan DPRD Kota Bima periode 2014-2019, tidak bisa dilakukan karena belum dianggarkan.
Justru yang ada adalah, rencana pembelian beberapa mobil dinas teknis lingkup Pemkot Bima dan rencana pembelian mobdis Walikota Bima, HM. Qurais H. Abidin. “Kalau untuk mobil dinas Walikota kita sudah rencanakan karena mobdis yang dipakai Walikota sekarang sudah melewati masa pemakaian lima tahun. Kita anggarkan untuk mobdis Walikota, tapi berapa besar anggarannya saya lupa,” tuturnya.
Ketika disinggung kira-kira apa kendala teknis Pemkot Bima sehingga tidak menganggarkan pembelian mobdis Ketua dan Dua Pimpinan DPRD Kota Bima di tahun 2015, apalagi mobil yang dipakai sekarang sudah melewati masa lima tahun penggunaan seperti halnya mobdis Walikota?.
“Itu hanya kendala masalah teknis pengadaannya saja. Seandainya kita lebih awal mengetahui stok mobil dinas Ketua DPRD untuk taun 2014 tidak diproduksi lagi oleh perusahaan rekanan, mungkin kita bisa antisipasi di APBD awal 2015,” sahutnya.
Disinggung apakah pengadaan mobdis Ketua dan Wakil Ketua Dewan harus berjenis fortuner?, Rusdhan mengaku bisa saja dibelanjakan untuk mobdis jenis lain tergantung dari cc-nya.
“Tidak baku untuk satu jenis mobil saja, tergantung kita komunikasikan dengan ketiga Pimpinan Dewan. Tapi kalau misalnya unsur Pimpinan masih ingin menggunakan mobil yang sekarang, yah nggak masalah,” tandasnya. (GA. 212*)  

×
Berita Terbaru Update