-->

Notification

×

Iklan

Bupati Bima Hadiri Pelantikan Sekdes Candi

Monday, January 19, 2015 | Monday, January 19, 2015 WIB | 0 Views Last Updated 2015-01-19T06:39:39Z
Kabupaten Bima, Garda Asakota.-
Dua tahun lalu Desa Candi Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima merupakan salah satu desa hasil pemekaran dari desa induknya Desa Monggo.
Selama itupula Desa Candi dalam menjalankan roda pemerintahanya tanpa penempatan seorang Seketaris Desa (Sekdes). Untuk mengisi kekosongan jabatan Sekdes tesrsebut, Kepala Desa setempat, M Said  H. Mansyur, melantik M.Saleh S.Sos selaku Sekdes pertama.
Acara pelantikan ini berlangsung, Sabtu (17/1) di Rt.26 Dusun Candi-1, sesuai Surat keputusan (SK) kepala desa setempat Nomor 09 tahun 2015.
Pantauan langsung Garda Asakota, acara pelantikan Sekdes dihadiri langsung oleh Bupati Bima, Drs. H. Syafruddin H. M. Nur, M Pd, Ketua Tim Pengerak PKK Kabupaten Bima, Hj. Rustina, perangkat Kerja Daerah (SKPD), para Anggota DPRD Dapil-1, unsur muspika, camat, para kepala desa, para lembaga desa, toga,toma dan elemen masyarakat desa setempat.
“Dari 191 desa yang ada di wilayah Kabupaten Bima, Desa Candi merupakan desa yang pertama kali dalam sejarah melantik seketaris desa (sekdes). Dari sekian banyak desa hasil pemekaran, desa ini juga yang pertama kali saya hadiri untuk melihat secara langsung prosesi pelantikan Sekdes oleh seorang Kades,” ucap Bupati.
Sesuai dengan kebijakan pemerintah Pusat melalui UU tentang Desa Nomor 6 tahun 2014, kepala desa berhak sepenuhnya untuk merekrut sekdes, membentuk panitia pemilihan serta melantiknya sesuai mekanisme dan aturan yang ada.
Dengan adanya perubahan UU tentang Desa yang lama ke UU desa yang baru, kades juga dapat menyeleksi panitia untuk melaksanakan tugas pemilihan sekdes, yang diambil dari masyarakat di masing-masing desa setempat. “Nanti panitialah yang akan berkerja mulai dari penerimaan calon sekdes sampai pembuatan materi ujian bagi para calon sekdes,” sebutnya.
Untuk mendukung kinerja seorang sekdes tentu ada perhatian berupa insentif dari pemerintah, insentif tentu pasti ada untuk kelancaran dan kesejahteraan bagi seorang sekdes nantinya.
Bupati meminta kepada sekdes yang baru saja dilantik untuk dapat berkerja sama dengan kepala desa serta perangkat desa yang ada. “Disamping itu sekdes harus bisa membuat RPMJ desa serta merancang program-program jangka panjang sehingga pembangunan yang ada didesa bisa dilaksanakan dengan baik,” katanya.
Sekdes dimintanya bisa menggandeng mitra kerj lembaga desa yang ada, BPD , LPMD serta lembaga-lembaga lainya yang ada di desa tersebut. Bupati dalam kesempatan itu juga memberikan apreasi kepada pemerintah kecamatan,dan seluruh panitia yang telah menyelengarakan pemilihan sekdes dengan baik, aman dan lancar.
Sementara itu sebelumnya Camat Madapangga ,Asikin S.Sos, selaku camat merasa tersanjung dengan kehadiran Bupati Bima di acara pelantikan sekdes desa Candi.
Pihaknya atas nama camat dan warga masyarakat yang ada di Desa Candi mengucapkan rasa terima kasih yang setinggi- tingginya atas keluangan  waktu Bupati. “Kami tahu tentu agenda-agenda penting serta padat yang sudah ada mengharuskan bapak bupati tidak bisa hadir, namun pada hari ini bapak bupati menyempatkan diri untuk hadir di tengah-tengah masyarakat Candi,” ucapnya. (GA. 888*)

×
Berita Terbaru Update