Header Ads

Kucuran Dana BOS Membantu Proses Belajar Mengajar

Mataram, Garda Asakota.-Bantuan Operasional Siswa (BOS) yang dikucurkan pemerintah pusat untuk para siswa jenjang pendidikan SD/MI,SMP/MTS, SMA/MA dirasa sangat membantu proses belajar mengajar di sekolah. Bantuan tersebut merupakan program pemerintah untuk membantu wali murid serta sebagai upaya meningkatkan kualitas dari mutu pendidikan itu sendiri.
Ridwan Muhamad S.Pd, Kepala SDN-1 Bolo yang berada di wilayah kecamatan Madapangga kabupaten Bima, mengaku  sangat bersyukur atas konsistennya pemerintah dalam mengucurkan bantuan dana BOS tersebut.
“Bantuan itu dipergunakan untuk kepentingan para siswa serta keperluan lainnya dalam menunjang proses belajar mengajar,” tuturnya, Kamis (10/10).
Diakuinya, dana BOS yang dicairkan tiap tiga bulan sekali lewat rekening sekolahnya tersebut digunakan untuk pos-pos yang telah direncanakan awal, dan sedikitpun tidak dipakai untuk kegiatan yang tidak bermanfaat. “Sepenuhnya untuk kegiatan para siswa dan sekolah” katanya.  Sebagai kepala sekolah,besar harapannya agar semua pihak terutama orang tua dari para siswa untuk terus memberikan dorongan dan motifasi untuk anak-anaknya agar giat belajar dan sekolah. Karena dengan adanya supor dari orang tua , maka sudah dipastikan sang anak merasa diberi kasih sayang yang lebih dan keinginannya untuk bersekolah akan semakin tumbuh.
Orang tua, juga harus mengontrol dengan ekstra terkait pergaulan dari anak-anaknya. Karena pengaruh lingkungan dan teman bermain merupakan sala satu factor yang akan berpengaruh bagi perkembangan kejiwaan si anak, jangan sampai mereka salah bergaul karena itu bisa berbahaya untuk masa depan si anak kelak, ungkap Ridwan. Dia juga berharap kepada pemerintah, bantuan dana BOS yang diperuntukan bagi para siswa ini mudah-mudahan volume anggarannya bisa ditambah, karena dengan adanya dukungan dana maka bisa dipastikan tingkat perkembangan ilmu dari para peserta didik akan semakin meningkat.
Sementara itu, kepala UPT Dikpora Kecamatan Madapangga, M. Said Ahmad, M.Pd, mengakui bantuan dana BOS adalah sarana bagi para siswa dan pihak sekolah untuk terus meningkatkan wawasan akan pendidikan itu sendiri.
Penyaluran bantuan dana BOS keberbagai sekolah yang ada diwilayahnya tetap dipantau serta sasarannya apa saja dalam penggunaan dana BOS tersebut. Lembaga yang memiliki wewenang dalam pengontrolan dana BOS adalah Inspektorat Kabupaten.
“Dan kami tetap berkordinasi dengan mereka,” ujar M. Said. Tidak ada keluhan dari masyarakat atau pihak-pihak terkait atas penyaluran dana BOS, dan diwilayah kami Alhamdullilah berjalan lancar tanpa ada kendala, katanya saat dikonfrimasi wartawan Via Handphone, Kamis (10/10). (GA. Joni*)

Tidak ada komentar

elshandy creative. Diberdayakan oleh Blogger.