-->

Notification

×

Iklan

Dikpora Kota Bima Luncurkan Rp19 Milyar Dana Alokasi Khusus

Friday, October 11, 2013 | Friday, October 11, 2013 WIB | 0 Views Last Updated 2013-10-11T03:06:30Z

Kota Bima, Garda Asakota.-
Menjelang akhir tahun ini Dikpora Kota Bima akan mengucurkan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2013 se­nilai Rp13 Milyar kepada sekitar 40-an sekolah di Kota Bima dengan perin­cian 4 SMA, 5 SMK, 8 SMP, dan 23 SD. Selain DAK tahun 2013, juga akan dikucurkan sisa anggaran DAK tahun 2012 sebesar Rp6 Milyar kepada 24 seko­lah  yaitu 2 SMP, dan 22 SD.

“Sehing­ga total DAK yang akan dikucurkan kurang lebih Rp19 Milyar,” ungkap Ketua Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dikpora Kota Bima, Slamet Riyadi, kepada wartawan belum lama ini. Diakuinya, kucuran DAK terbesar tahun ini adalah untuk SMK Kelautan di Kelurahan Kolo Kecamatan Asakota sebesar Rp900 juta.
Rincian peng­gunaan antara lain untuk rehabilitasi gedung, pembangu­nan laboratorium, dan perpustakaan. “Terbesar anggaran tersedot untuk SMK Kelautan Kolo,” ucapnya. Untuk pelak­sa­naan DAK di sekolah-sekolah, kata dia, akan dikerjakan dengan cara swakelola melalui tiga unsur yakni konsultan, tim teknis PU, dan tim teknis Dikpora (PPK). Sedangkan proses pen­cairan dananya melalui tiga tahap, tahap pertama 40 persen, tahap kedua akan meyusul apabila pihak sekolah menye­rahkan laporan fisik dan SKPJ penggu­naan anggaran sebesar Rp30 persen. “Dan tahap terakhir 30 persen akan dicairkan apabila sudah mencapai tahap finishing pembangunan,” tegasnya.
Ketika disinggung penggunaan kayu kelas-2 dalam pembangunan tersebut, Slamet Riyadi, menjelaskan bahwa, sesuai dengan Juklak dan Juknis-nya bahwa pemakaian kayu kelas-2 diperbolehkan dengan ketentuan yang sama. Pihaknya menegaskan bahwa, Dikpora dalam melakukan pengawasan akan cukup hati-hati, dan mengecek se­tiap elaksanaannya di lapangan, terma­suk yang berkaitan dengan masalah ketertiban administrasinya. (GA. 888*)
×
Berita Terbaru Update