-->

Notification

×

Iklan

Baznas NTB: Bantuan Zakat, Ringankan Beban Masyarakat

Wednesday, September 11, 2013 | Wednesday, September 11, 2013 WIB | 0 Views Last Updated 2013-09-11T13:07:06Z
Mataram,Garda Asakota._
Bantuan Zakat yang dikumpulkan oleh Badan Amil Zakat (Baznas) Provinsi NTB di berbagai Kabupaten/Kota yang ada di NTB akan disalurkan bagi mereka yang berhak untuk mendapatkannya. Bantuan yang dikucurkan tersebut diharapkan bisa bermanfaat dan membantu menopang biaya hidup dari mereka  yang mendapatkannya. Ketua Badan Amil Zakat (Baznas) NTB, TGH. M Anwar MZ, kepada wartawan menuturkan, adanya bantuan yang dikucurkan bagi mereka yang kurang mampu tersebut  merupakan bentuk kepedulian dari pemerintah terutama Baznas dalam menjalankan syariat dan hukum Islam sesuai yang ditetapkan.
Pada tahun 2012 lalu, Baznas NTB bisa mengumpulkan bantuan Zakat dimasing-masing kabupaten/kota se-NTB senilai Rp3 Milyar. Dan mudah-mudahan ditahun 2013 ini Zakat
yang dikumpulkan bisa bertambah untuk bisa dibagi secara  adil dan merata bagi kaum Dhuafa dan pada mereka yang kurang mampu,” ujar M. Anwar kepada media ini.
Dana Zakat yang diperoleh oleh Baznas NTB hasil pengumpulan di Badan Amil Zakat (Bazda) masing-masing kabupaten/kota tersebut akan dikembalikan lagi  pada Bazda setempat yang kemudian disalurkan pada masyarakat. Dan biasanya kita membagi dana Zakat mulai Kabupaten paling Timur yakni Kabupaten Bima, baru disusul oleh daerah lain. Disinggung mengenai bagaimana cara Baznas NTB mengetahui mereka yang layak mendapatkan bantuan Zakat tersebut, ia menjelaskan bahwa pihaknya tetap intens berkordinasi dengan Bazda yang ada di Kabupaten/Kota di NTB untuk sama-sama turun mengontrol siapa-siapa yang layak untuk mendapatkan bantuan tersebut. “Juga kita melakukan seleksi yang ketat untuk mengantisipasi adanya penerima ganda dalam bantuan Zakat,” tegasnya.
Selain itu juga, kami melibatkan tokoh masyarakat, kyai dan guru ngaji untuk terlibat aktif untuk bersama-sama turun ke lapangan mengecek siapa-siapa saja yang berhak mendapkan bantuan Zakat yang dimaksud, sehingga pembagiannya benar-benar sesuai dengan yang ditetapkan dan diterima langsung oleh mereka yang berhak mendaptakannya.
Ketua Baznas NTB berharap dengan adanya pembagian Zakat pada mereka yang kurang mampu diharapkan bisa meringankan beban mereka, karena hakikat dari Zakat sendiri adalah diambilnya sedikit harta dari mereka yang mampu untuk diberikan kepada mereka yang berhak menerimanya dengan tujuan untuk bisa saling tolong menolong diantara sesama demi mendaptkan ridho dan berkah dari Allah SWT. (GA/Joni*)

×
Berita Terbaru Update