-->

Notification

×

Iklan

DPRD Kabupaten Bima Study Banding ke Klaten

Thursday, March 22, 2012 | Thursday, March 22, 2012 WIB | 0 Views Last Updated 2012-03-22T12:59:49Z
Bima, Garda Asakota.-
Rombongan Study Banding DPRD Kabupaten Bima tiba di Kabupaten Klaten Propinsi Jawa Tengah pada Senin (19/3) dan diterima Wakil Bupati Klaten, Hj. Siti Hartini di aula kantor Pemkab Klaten. Selain Wabup, rombongan juga diterima oleh sejumlah pimpinan SKPD lingkup daerah setempat. Siti Hartini dalam sambutan penerimaannya mengemukakan, kunjungan DPRD Kabupaten Bima merupakan suatu kehormatan, hal itu berarti derap pem¬bangunan di daerahnya mendapat perhatian dari pihak luar. “Bukan mustahil melalui kunjungan kerja ini akan membuka cakrawala pandang dan berangkat dari pengalaman luas yang berbeda untuk saling mengisi, melengkapi dan menerapkan sekaligus mengevaluasi terhadap setiap regulasi atau kebijakan setiap bidang pembangunan daerah,” ungkap Wabup Klaten, sebagai dirilis Kabag Humas DPRD Kabupaten Bima,
Ruslan, S. Sos. Sementara itu, kata dia, pimpinan rom¬bongan yang juga Ketua DPRD Kabupaten Bima, Drs. H. Muchdar Arsyad, mengemu¬kakan bahwa maksud dan tujuan berkun¬jung ke Klaten adalah untuk mempelajari dan menimba pengalaman serta bertukar pikiran berkaitan dengan berbagai kemajuan pembangunan di Kabupaten Klaten.
Titik fokus sasaran study banding kali ini antara lain mekanisme pengelolaan asset, andil perusahaan daerah dalam rangka ikut menyumbang PAD, sector pertanian, koperasi dan UMKM, kepariwisataan, pembangunan bidang keagamaan dan IMTAQ, peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, pendidikan dan pelestarian budaya serta langkah-langkah strategis mengatasi pengangguran.
Disamping itu, DPRD Kabupaten Bima ingin mengadopsi beberapa Peraturan Daerah Kabupaten Klaten seperti Perda Penanggulangan Bencana Daerah, Persam¬pahan, perijinan, dan beberapa perda lain¬nya yang memungkinkan untuk diterapkan di wilayah Kabupaten Bima. Kegiatan Study banding dilanjutkan dengan kunjungan lapangan masing-masing komisi DPRD sesuai bidang tugas dan focus study yang telah dikirim melalui quisioner sebelumnya.
Kabupaten Klaten merupakan salah satu Daerah otonom di Propinsi Jawa Tengah. Menurut topografi kabupaten Klaten terle¬tak diantara gunung Merapi dan pegu¬nungan Seribu dengan ketinggian antara 75-160 meter diatas permukaan laut yang terbagi menjadi wilayah lereng Gunung Merapi di bagian utara areal miring, wilayah datar dan wilayah berbukit di bagian selatan.Produk unggulan daerah ini adalah pada sector pertanian, wisata alam, industry kecil menengah dan juga batik.
Beberapa program dan kebijakan Pemkab. Klaten juga menjadi perhatian komisi-komisi DPRD Kabupaten Bima seperti peningkatan kesejahteraan masya¬rakat, kesehatan dan mengatasi pengang-guran dengan berbagai pelatihan ketram¬pilan, bantuan permodalan, dan jaminan hidup selama 6 bulan kepada para wirausa¬hawan muda. Sesuai jadwal, rombongan DPRD Kabupaten Bima akan secara marathon mengunjungi daerah Sleman, Bantul, dan Gunung Kidul Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. (GA. 212*)
×
Berita Terbaru Update