-->

Notification

×

Iklan

Kodim 1608/Bima Gelar Karya Bhakti dan Penghijauan

Tuesday, February 14, 2012 | Tuesday, February 14, 2012 WIB | 0 Views Last Updated 2012-02-14T07:10:59Z
Sambut HUT Korem 162/Wira Bhakti

Bima, Garda Asakota.-
Berbagai kegiatan diselenggarakan oleh Kodim 1608/Bima dalam rangka menyam¬but hari jadi ke-5 Korem 6/Wira Bhakti. Kegiatan tersebut diantaranya melakukan kegiatan Donor Darah, kegiatan Karya Bhakti TNI berupa pembersihan pekuburan umum di Kelurahan Rabangodu Selatan Kota Bima, pembersihan sarana Ibada Masjid dan lingkungan pemukiman pendu¬duk di Kelurahan
Rabangodu Utara Keca¬matan Raba Kota Bima (8/2) dan melakukan kegiatan penghijauan dengan menanam 1000 pohon di lingkungan perkantoran jajaran Kodim dan disepanajng jalan lintas Bima Sumbawa dimulai dari perbatasan Kecamatan Bolo dan Woha (9/2).
Pada saat kegiatan Donor Darah yang dipusatkan di Makodim 1608/Bima selain dari unsur TNI yang menyumbangkan darahnya juga dari Persit (Persatuan Istri Tentara) KCK Cabang XXVII Kodim 1608/Bima, anggota Pramuka Gudep Seka Wira Kartika juga ikut berpartisipasi. Kepala Staf Kodim 1608/Bima (Kasdim) Mayor Arh. Isdarmawan, kepada Garda Asakota menje¬laskan bahwa seluruh rangkaian kegiatan Bhakti TNI dalam rangka HUT Korem 162/Wira Bhakti tahun 2012 ini bertujuan untuk memberikan dan meningkatkan peran serta Prajurit Satuan Kowit dan jajarannya dalam rangka mendukung program peningkatan pembangunan di daerah serta memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat melalui pembangunan di bidang fisik dan non fisik guna menciptakan kondisi yang mantap demi kepentingan pertahanan Negara di darat. Lebih lanjut Kasdim menjelaskan bahwa sasaran yang ingin dicapai yang pertama adalah terwujudnya kondisi ling-kungan dan wilayah yang memiliki ketaha¬nan wilayah yang kondusif dalam rangka meningkatkan ketahanan Nasional, kedua: terselenggaranya peran dan tugas TNI dalam membantu pemerintah daerah guna meningkatkan kesejahteraan rakyat, ketiga adalah meningkatkan peran aktif prajurit TNI dalam rangka menumbuh kembangkan kehidupan bermasyarakat dengan upaya mengatasi setiap kesulitan dan permasala¬han yang timbul di daerah dan yang keempat adalah meningkatkan interaktif, kontribusi dan kebersamaan antara masyarakat dan satuan TNI dalam rangka mengoptimalkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat.
“Semua rangkaian kegiatan yang dilakukan ini bukan hanya karena adanya HUT Korem, tetapi hal ini menjadi kegiatan rutin yang terjadwal tiap tahunnya oleh Kodim dan jajarannya. Jadi pada kesem¬pa¬tan ini juga saya menginformasikan kepada seluruh masyarakat maupun instansi-ins¬tansi terkait kalau memang membutuhkan tenaga dari TNI dalam kegiatan kemasya¬rakatan asalkan diinformasikan kepada kami Insya Allah kami akan siap membantu,” tegas Kasdim.
Pada kesempatan kegiatan Donor Darah, dr. H. Sucipto, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran Kodim 1608/Bima yang berinisiatip mengadakan kegiatan donor darah ini. Untuk diketahui oleh masyrakat bahwa pada saat ini RSUD tiap harinya minimal membutuhkan 100 kantong darah. Akibat kebutuhan darah tiap harinya seperti ini kadang-kadang tidak terpenuhi sehingga keluarga korban akhir¬nya mencari pedonor sendiri dari kalangan keluarga maupun membayar orang lain yang bersedia mendonorkan darahnya.
Oleh sebab itu dengan adanya kegiatan donor darah seperti ini sangat membantu masyarakat. “Saya berharap apa yang dilakukan oleh jajaran Kodim ini bisa diikuti oleh instansi-instansi yang lainnya apabila memperingati hari ulang tahunnya. Selain manfaat kemanusiaannya dikedepankan juga dari segi kesehatan kegiatan mendo¬norkan darah itu sangat bagus sekali sebab secara otomatis bisa mendeteksi kesehatan kita selain itu dengan mendonorkan darah kadar asam urat, kolesterol dan beberapa penyakit lainnya dapat ditekan.
Pada saat darah kita dikeluarkan maka secara otomatis tubuh akan memprodusksi darah baru sehingga bisa kita lihat pada orang-orang yang melakukan donor darah secara rutin kesehatannya sangat baik, jadi saya berharap masyarakat secara umum bisa berpartisipasi untuk menjadi pendonor sebanyak keuntungan yang didapatkan. Malahan saya sendiri rutin mendonorkan darah, sekali saja terlambat maka asam urat saya langsung naik,” jelasnya. Apresiasi yang baik juga diperlihatkan oleh masyara¬kat kepada Kodim 1608/Bima pada saat dila¬ kukan kegiatan Bhakti Sosial di kelurahan Rabangodu Selatan dan Ra¬bangodu Utara dengan banyaknya masya¬rakat yang terlibat dalam kegiatan tersebut, begitu juga pada saat kegiatan penghijauan disepanjang jalan Lintas Sumbawa-Bima, jajaran instansi dikecamatan Bolo yang dipimpin langsung oleh Camat H. Muhammaddin, S.Sos. langsung turun bersama-sama Kodim melakukan penghijauan. (GA. 321*)
×
Berita Terbaru Update