-->

Notification

×

Iklan

Eksplorasi Emas, PT. STM Bor 26 Titik

Tuesday, February 7, 2012 | Tuesday, February 07, 2012 WIB | 0 Views Last Updated 2012-02-07T14:11:51Z
Dompu, Garda Asakota.-
Aktivitas eksplorasi tambang emas yang dilakukan oleh PT. Sumbawa Timur Mai¬ning (STM), hingga saat ini telah berhasil melakukan pemboran sebanyak 26 titik dengan kedalaman 15.348 meter. Jumlah 26 titik itu, ungkap Kepala Bidang Pertam¬bangan Dinas Koperindagtamben Kabupa-ten Dompu,
Jufri, termasuk yang di bor di wilayah Kecamatan Parado Kabupaten Bima. Kepada wartawan belum lama ini, Jufri, menjelaskan bahwa berdasarkan laporan perkembangan kegiatan eksplorasi yang disampaikan oleh PT. STM kepada pemerintah, hingga tanggal 30 September 2011 lalu, khusus pengeboran di wilayah Hu’u baru mencapai 5 titik bor.
“Rencananya pengeboran yang dilaku¬kan di wilayah kecematan Hu’u, hanya 8 titik bor, itu idealnya,” katanya. Jumlah titik bor bisa saja berkurang tergantung studi kelayakan geologi yang dibutuhkan perusa¬haan tambang. Apa bila perusahaan mem¬butuhkan data valid, maka akan melakukan pengeboran lebih lanjut. Diakuinya pula, aktivitas eksplorasi STM saat ini Dinas Koperindagtamben Bidang pertambangan tetap melakukan pengawasan yang ketat. Terkait masalah MoU dengan masyarakat lingkar tambang, saat ini diakuinya belum dibahas dan dirancang. “Nota kesepahaman dengan masyarakat baru bisa dibahas sete¬lah ada peningkatan status dari eksplorasi ke produksi,” ujarnya. Kendati belum ada peningkatan status, namun pada tahun 2012 ini, pihak perusa¬haan akan mengalokasikan bantuan sarana air bersih untuk masyarakat lingkar tam¬bang. Dana tersebut baru bisa ada setelah masyarakat mengajukan proposal permohonan bantuan, selanjutnya proposal tersebut akian diverifikasi oleh tim independen. Ditambahkannya, PT.Timur Raya Mas, pemegang Izin Usaha pertam¬bangan (IUP) pasir besi di sekitar wilayah Doroncanga Kecematan Pekat, saat ini sedang melaku¬kan tahap sosialisasi pada masyarakat peternak terkait dampak positif dan negatif pertambangan. Setelah PT. Timur Raya Mas, memasuki tahap produksi,perusahaan tambang tersebut akan memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui program pemberdayaan masyarakat lingkar tambang, berupa Corporite Sosiety (CSR). “Kesejahteraan peternak di sekitar wilayah Doro Ncanga akan diprioritaskan,” tandas Jufri. (GA. 444*)
×
Berita Terbaru Update