-->

Notification

×

Iklan

Habiskan $3juta, PT SMN Ngotot Akan Lanjutkan Eksplorasi

Tuesday, January 17, 2012 | Tuesday, January 17, 2012 WIB | 0 Views Last Updated 2012-01-17T00:32:18Z
Jakarta, Garda Asakota.-
PT Sumber Mineral Nusantara (SMN), akan melanjutkan eksplorasi pertambangan di Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). PT SMN juga siap menjalani proses hukum jika ada pelanggaran yang dilakukan oleh perusahaan dalam menjalankan ekplorasi tersebut. “Kami tetap mengharapkan ke depan¬nya kami, bisa melanjutkan lagi kegiatan (eksplorasi) itu,” ujar General Manager PT SMN Sucipto Maridjan.
Hal itu dia katakan saat melakukan pertemuan dengan DPD RI, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin lalu (9/1/2012).
Sucipto mengatakan, proses eksplorasi sudah dilakukan sejak tahun 2008 dengan total investasi yang sudah dibelanjakan mencapai US$ 3 juta. Selain mempertim¬bangan investasi yang sudah dikeluarkan tersebut, proses eksplorasi juga harus dilaku¬ kan sampai tuntas. “Karena terus terang saja, kalau kegiatan eksplorasi itu harus konsisten, kalau kita belum menyelesaikan pekerjaan yang harus kita kerjakan harus kita selesaikan, ya kita harus selesaikan,” paparnya. Sucipto mengakui pihaknya me¬ra¬sa dirugikan karena seolah-olah perusa¬haan tersebut sudah melakukan eksploitasi penambangan. Padahal, yang dilakukan sejauh ini hanya eksplorasi, belum eksploi¬tasi. “Kegiatan eksplorasi pada tahap yang sangat awal sekali yang belum ada dampak lingkungannya dan lain sebagainya,” papar¬nya. Sucipto berharap kedepannya, PT SMN bisa melanjutkan kegiatan eksplorasi di Bima. Dia berjanji akan berpegang pada ketentuan hukum yang berlaku. Jadi kita mengharapkan apabila nanti misalnya sete¬lah adanya pengehentian semen¬tara ini kemu¬ dian kita bersama-sama lagi melaksanakan atau merealsisasikan kegitan kita. Itu yang akan kita harapkan,” ungkapnya. “Sudah barang tentu selama periode peng¬hentian sementara ini, kami meng¬harapkan upaya-upaaya dari pemerin¬tah maupun masyara¬kat, tokoh-tokoh masyarakat agar pema¬haman tentang investasi di sektor pertam¬bangan ini dapat diberikan gambaran yang sebenar-benarnya,” paparnya.
Sementara itu Ketua DPD Irman Gusman mengatakan pihaknya tidak ingin masalah tersebut berlarut-larut. Dia mengaku sudah menyampaikan beberapa solusi kepada Menteri ESDM Jero Wacik. “Kita ingin ini tidak berlarut, diselesaikan dengan berkeadilan, masyarakat bisa menerima dan pengusaha juga bisa tetap berjalan,” kata Irman. (detiknewsc*)
×
Berita Terbaru Update