-->

Notification

×

Iklan

Peringati HMPI, Kodim 1608 Gandeng Pemkab Bima Tanam Pohon Pinggir Jalan

Friday, December 2, 2011 | Friday, December 02, 2011 WIB | 0 Views Last Updated 2011-12-02T01:14:31Z
Bima, Garda Asakota.-
Melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2008, Pemerintah telah menetapkan tanggal 28 Nopember diperingati sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Desember sebagai Bulan Menanam Nasional (BMN). Pada peringatan HMPI tahun 2010 di Jatiluhur, Presiden RI telah mengamanatkan untuk melakukan Gerakan Penanaman Satu Milyar Pohon.
Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) tahun 2011 ini akan
dilaksa¬na¬kan pada hari Senin, 28 Nopember 2011 di Bukit Merah Putih, Santi Dharma Indonesia Peace and Security Center atau Pasu¬kan Misi Peme¬liharaan Perdamaian, Sentul, Citeureup, Bogor, Propinsi Jawa Barat. Program Penanaman 1 Miliar Pohon tahun 2011 ini merupakan kelanjutan dari program serupa tahun 2010. Realisasi Program Penanaman Satu Milyar Pohon tahun 2011, mulai dari tanggal 1 Februari 2011 hingga saat ini mencapai 827 juta batang (80%) atau setara dengan 4.900.000 ton CO2.
Penanaman 1 Miliar Pohon tahun 2011 ini merupakan gerakan nyata penana¬man pohon secara serentak yang bertujuan untuk menambah tutupan lahan dan men¬cegah terjadinya banjir dan tanah longsor, konser¬vasi keanekaragaman hayati, penyerapan karbon untuk mencegah dampak perubahan iklim, serta mendukung pem¬bangunan ketahanan pangan, energi, dan ketersediaan air untuk kesejahteraan masya¬rakat. Semakin banyak pohon yang ditanam, maka masyarakat akan semakin terlindung dan sejahterah, banyak pohon banyak rejeki.
Mendukung Program penanaman pohon 1 Milyar yang telah ditetapkan oleh Peme¬rintah Pusat tersebut Pemerintah daerah Kabupaten Bima bersama dengan Komando Distrik Militer (Kodim) 1608 Bima Senin (28/11) melakukan kegiatan penanaman pohon disepanjang jalur jalan Lintas Sum¬bawa mulai dari desa Talabiu Kecamatan Woha sampai di perbatasan Kecamatan Bolo. Kepala Staff (Kasdim) Kodim 1608, Mayor ARH. Isdarmawan, yang memimpin langsung jajarannya menjelaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan merupakan salah bentuk dari pengabdian yang diberikan TNI kepada tanah air yang sama-sama dicintai dan kita banggakan.
“Pada hari ini terlaksana penana¬man sekitar seribu lebih pohon, mudah-mudahan pohon yang ditanam ini bisa tumbuh subur sehingga benar-benar memberikan manfaat bagi kita semua. Oleh sebab itu diharapkan kepada masyarakat di sekitar penanaman ini untuk bersama-sama menjaga serta memeliharanya,” harapnya.
Lebih Lanjut Mayor ARH. Isdarmawan, berharap untuk selanjutnya kegiatan pena¬na¬man pohon ini tidak sekedar sampai disini saja, tetapi bisa dilanjutkan ditempat-tempat lainnya terlebih khusus pada gunung dan bukit yang nyaris gundul.
“Untuk men¬du¬kung kegiatan penanaman 1 Milyar pohon ini, kami dari pihak TNI akan selalu siap mendukung sepenuhnya serta siap menge¬rah¬kan personil yang ada untuk melakukan penanaman,” tegasnya. Secara individu, se¬cara keluarga, kelompok, RT, RW, Desa, Kelurahan/Desa, Kecama¬tan, Wilayah, hing¬ga Pemerintah Daerah harus diupaya¬kan berpartisipasi melakukan penanaman pohon. Kita harus mulai dari diri sendiri, kita mulai dari lingkungan kita sendiri, kita mulai dari sekarang.
Mari bersama kita dukung Penanaman 1 Milliar Pohon Tahun 2011, ONE BILLION INDONESIAN TREES FOR THE WORLD!. Gerakan pena¬naman dan pemeli¬ha¬raan pohon, harus terus digelorakan dan dilakukan secara kontinyu pada setiap tahun masa tanam. Dalam waktu 5 sampai 10 tahun mendatang, bangsa Indonesia akan menikmati indahnya bumi Indonesia hijau berseri dengan masyarakatnya yang sejahterah, jauh dari bencana. (GA. 321*)
×
Berita Terbaru Update