-->

Notification

×

Iklan

Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Perpustakaan NTB Tambah Koleksi Buku

Wednesday, October 19, 2011 | Wednesday, October 19, 2011 WIB | 0 Views Last Updated 2011-10-19T00:01:03Z

Mataram, Garda Asakota.-
Sebagai sebuah upaya peningkatan minat baca masyarakat di NTB. Badan Perpus­takaan Daerah Provinsi NTB terus mening­katkan perannya. Meski dengan anggaran Rp1 Milyar yang dikucurkan melalui dana APBD Perubahan Provinsi NTB, berbagai terobosan pun dilakukan untuk mencapai target masyarakat NTB sadar membaca.

Kepala Badan Perpustakaan Daerah Provinsi NTB melalui Sekretarisnya, Drs. Muhammad, M. Si., mengungkapkan kepada wartawan, pihaknya akan melaku­kan upaya maksimal untuk membangun dan meningkatkan minat masyarakat NTB untuk membaca baik dengan melakukan penamba­han koleksi dan arsip buku-buku berkualitas di perpustakaan NTB maupun untuk penambahan koleksi perpustakaan keliling.
“Pencapaian target ini sangat perlu dilakukan mengingat aspek ini selalu saja menjadi keluhan masyarakat. Menambah koleksi buku-buku berkualitas untuk ditempatkan di perpustakaan maupun di perpustakaan keliling menjadi prioritas utama yang akan segera kami lakukan untuk mengatasi keluhan masyarakat yang mengeluhkan akan minimnya refensi buku di Perpustakaan NTB,” jelas Muhammad kepada wartawan media ini di ruang kerjanya belum lama ini.
Pihaknya mengaku, dengan anggaran sebesar Rp1 Milyar yang dikucurkan me­lalui anggaran APBD Perubahan Provinsi NTB akan dipergunakan pihaknya untuk menambah 500 koleksi buku tambahan dalam perpustakaan Provinsi dan 500 koleksi buku untuk perpustakaan keliling. Keberadaan perpustakaan keliling dikata­kan­nya sangat berperan dan strategis untuk membantu masyarakat membaca buku-buku berkualitas.
Pihaknya juga memberikan apresiasi terhadap komitmen sejumlah anggota DPRD NTB yang memberikan dukungan anggaran untuk membantu program pening­katan koleksi buku di Perpustakaan NTB. “Mudah-mudahan saja setiap tahunnya komitmen seperti ini akan terus diperlihat­kan oleh para anggota DPRD NTB dalam rangka menggairahkan minat baca di kalangan masyarakat NTB,” cetusnya.
Dalam waktu dekat ini, pihaknya menga­takan akan melakukan kegiatan promosi buku untuk meningkatkan minat baca masyarakat yang direncanakan akan digelar di wiayah Tanjung Kabupaten Lombok Utara. “Semoga saja banyak penerbit dan provider toko buku di NTB, Bali, Jatim, IKAPI, dan Perbankan bisa ikut mengambil bagian dalam mempromosikan buku-buku yang diterbitkannya,” tandasnya. (GA*233)
×
Berita Terbaru Update