-->

Notification

×

Iklan

Petugas Kebersihan Tagih Bonus yang Dijanjikan DKPP Kota Bima

Wednesday, October 19, 2011 | Wednesday, October 19, 2011 WIB | 0 Views Last Updated 2011-10-19T00:07:17Z

Kota Bima, Garda Asakota.-
Janji Pemerintah Kota (Pemkot) Bima yang akan memberikan hadiah uang masing-masing Rp1 juta dan piagam penghargaan kepada 10 orang petugas sapu dan sopir teladan pada Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) dinilai hanya isapan jempol belaka. Pasalnya, terhitung sejak dijanjikan pada acara puncak HUT ke-9 Kota Bima April lalu, sampai saat ini janji yang disampaikan belum juga direalisasi­kan. Beberapa pejabat DKPP yang dikonfirmasi mengaku kekurangan anggaran dan bahkan saling lempar tanggung-jawab. Kepada wartawan, salah satu petugas kebersihan menyampaikan suara hatinya terhadap hadiah yang dijanjikan tersebut.
Petugas sapu kebersihan yang namanya tidak ingin dikorankan ini mengaku tidak pernah menerima apa yang sebelumnya per­nah dijanjikan pemerintah.
“Janji pemerin­tah saat itu akan mem­berikan uang masing-masing Rp1 juta kepada tujuh petugas kebersihan dan tiga sopir teladan. Memang untuk sopir teladan telah direalisasikan namun untuk petugas kebersihan sampai saat ini tidak juga kunjung diberikan,” keluhnya.
Diceritakanya, pada saat upacara HUT Kota Bima, pejabat pada DKPP menyaran­kan kepada 10 petugas keberihan hadiri upacara memakai baju batik dalam rangka penerimaan piagam dan uang tunai senilai masing-masing Rp1 juta. Uang dan piagam tersebut, sambungnya, sebagai bentuk per­ha­tian pemerintah terhadap kinerja petugas kebersihan yang dinilai baik dan rajin. “Namun usai pelaksanaan upacara hanya tiga orang yang dipanggil dan diberikan piagam dan hadiah, sementara sisanya di­janjikan seminggu kemudian. Setelah se­minggu tidak juga kunjung diberikan, kemu­dian kami diarahkan kekantor Walikota namun juga tidak ada realisasi. Kemudian dijanjikan pada saat acara HUT RI juga ti­dak ada reallisasi sampai saat ini,” cetusnya.
Kabid Kebersihan DKPP Kota Bima, H.
M. Din H.M.Ali, yang dikonfirmasi di kantornya belum lama ini mengakui adanya hadiah berupa piagam dan uang tunai kepa­da 10 petugas kebersihan dan sopir teladan di dinasnya, namun dirinya beralasan pemerintah hanya dapat merealisasikannya kepada tiga orang sopir teladan, sementara sisanya tidak dapat diberikan karena memang kekurangan anggaran.
“Sebab anggaran untuk hadiah tersebut tidak masuk dalam DPA dinas. Untuk me­realisasikan hadiah bagi tujuh yang belum mendapatkan sudah diusulkan melalui APBD Perubahan 2011, bila disetujui tentu­ nya akan dibayarkan,” jelasnya. Ketika ditaya apakah pemberian hadiah adalah saran Walikota atau Kepala DKPP?, H. Din mengaku tidak tahu menahu dan menyaran­kan wartawan untuk memperta­nya­kan kepada mantan Kadis DKPP Kota Bima, Drs .H. Azhari yang kini menjabat Kadis Tatakota dan Perumahan. “Saya tidak tahu, tanya saja sama pak Azhari,” sahutnya.
Sementara itu, mantan Kadis DKPP, Drs. H. Azhari,  yang ditemui terpisah meng­a­kui adanya program pemberian hadiah tersebut, namun dirinya tidak mengetahui lebih lanjut realisasinya karena memang pada saat itu dirinya menjalani pendidikan dalam rangka kenaikan jabatan. “Saya tidak tahu realisasinya, silahkan tanyakan kepada pejabat DKPP,” katanya. Harusnya, kata Azhari, setelah dirinya tidak berada di Kota Bima, pejabat DKPP dapat melanjutkan program tersebut bukan malah kemudian saling menyalahkan. “Mengenai uang masing-masing Rp1 juta itu memang pernah dijanjikan namun karena anggaran kurang dan juga tidak masuk dalam DPA maka tidak diberikan kepada yang lain hanya kepada tiga orang saja,” tandasnya.
Di bagian lain, Kabag Humas dan Protokol Kota Bima, Muh. Hasyim, SH, S. Sos, M. Dev, yang dihubungi via hand-phone setelah dikonfir­masi menegaskan bahwa persoalan itu akan segera dikoordi­nasikan dengan Walikota Bima terlebih dahulu. Pihaknya berjanji akan mengupaya­kan agar hadiah ini dibe­rikan kepada 7 orang petugas kebersihan tersebut, meskipun sebenarnya ini hanya miss-komunikasi saja. “Tapi yang pasti akan segera dibayarkan.” tegasnya. (GA. 334*)
×
Berita Terbaru Update