-->

Notification

×

Iklan

Korwas Pendidikan: Bukan Kewenangan Wartawan, Audit Keuangan Sekolah

Monday, October 10, 2011 | Monday, October 10, 2011 WIB | 0 Views Last Updated 2011-10-10T00:04:39Z

Bima, Garda Asakota.-
Banyaknya oknum warga yang mengaku sebagai wartawan dan pegiat LSM di pelosok desa Kabupaten Bima, membuat sejumlah guru dan kepala sekolah, gerah. Koordinator Pengawas (Korwas) Pendidi­kan Kecamatan Lambu Kabupaten Bima, Drs. Syafiullah, M. Pd, pada saat acara pembinaan terhadap sejumlah guru, kepala sekolah, dan pengawas yang bertempat di aula KUPTD Dikpora Kecamatan
Lambu mengaku banyak menerima keluhan dari para kepala sekolah dan bendahara sekolah yang menerima kedatangan oknum yang mengatasnamakan dirinya wartawan dan LSM untuk mengaudit keuangan sekolah.
“Perlu saya sampaikan, tidak ada kewenangan wartawan untuk mengaudit keuangan sekolah. Jangankan wartawan kitapun selaku Korwas ataupun pengawas tidak punya kewenangan untuk mengaudit. Tetapi sesuai dengan prosedur kami selaku Koorwas ataupun pengawas hanya sebagai pengontrol,” tegasnya.
Diapun menegaskan bahwa, yang punya kewenangan untuk mengaudit hanya Inspektorat dan BPKP, bukan wartawan. Syafiullah mengaku sengaja melontarkan warning seperti itu karena akhir-akhir ini banyak keluhan sejumlah kepala sekolah dan bendahara sekolah terkait adanya oknum yang mengatasnamakan dirinya wartawan dan bahkan ada yang mengaku diri sebagai  LSM dengan label pemberantasan korupsi, datang ke sekolah-sekolah untuk mengaudit keuangan sekolah. “Contohnya kemarin ada keluhan oknum kepala sekolah yang hal ini tidak perlu saya sebutkan namanya. Dia dida­tangin oleh oknum LSM, oknum itu katanya mau mengaudit keuangan sekolah. Apa kewe­nangannya?. Tidak ada kewengan mereka untuk mengaudit keuangan sekolah, karena kita punya lembaga audit internal sendiri yakni Inpektorat,” tegasnya. (GA. 333*)
×
Berita Terbaru Update