-->

Notification

×

Iklan

Penilaian Kelompok Penerima BSS Dilakukan oleh Provinsi

Thursday, September 15, 2011 | Thursday, September 15, 2011 WIB | 0 Views Last Updated 2011-09-15T06:02:50Z
Kota Bima, Garda Asakota.-
Dalam menggelontorkan bantuan program Bumi Sejuta Sapi (BSS) yang dilaksanakan oleh Pemprov NTB, Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Peternakan Kota Bima telah mengusulkan sebanyak 17 kelompok ternak ke Pemprov NTB. Pihak Dinas Peternakan sifatnya hanya mengusulkan, karena yang melakukan verifikasi dan memberikan penilaian akhir adalah pihak Provinsi.“Langsung mereka yang menilai, termasuk verifikasi lapangan. Jadi bukan kita yang membawa nilai ke Provinsi,
karena kita tidak melakukan penilaian,” ungkap Plt. Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Peternakan Kota Bima, Ir. Darwis H. Yusuf, melalui Kabid Peternakan, Ir. Sulistianto, S. Pt, kepada wartawan, Sabtu (10/9).
Selain persyaratan lainnya seperti terpenuhinya syarat minimal bibit Sapi, dan ketersediaan pakan ternak, bantuan BSS tidak diberikan bagi peternak personal mau¬pun peternak instan, karena program BSS ini bukan bagi-bagi sapi. “Syarat kelompok¬nya harus kelompok lanjut. Kalaupun baru dibentuk setahun, tapi secara kelompok lanjut, boleh-boleh saja. Intinya kalau sudah terpenuhi semua persyaratan kelompok ternak, bisa mendapatkan BSS,” tegasnya.
Diakuinya, tahun ini Dinas Peternakan Kota Bima hanya mendapat bantuan BSS sekitar Rp1 Milyar lebih. Alokasi dana ini, katanya, termasuk kecil dibanding perolehan Kabupaten lain seperti Kabupaten Bima yang mendapatkan alokasi sekitar Rp11 Milyar dan Kabupaten Dompu sekitar Rp13 Milyar. “Kenapa kita sedikit?, karena kita tidak ingin mengajukan data-data fiktif. Meskipun itu sifatnya Bansos, tapikan ada acuannya. Apalagi ICW sekarang mengawasi langsung kegiatan Bansos di daerah. Kami tidak ingin mengambil resiko, jangan sampai kita keseret ke ranah hukum,” cetus Sulis seraya menambahkan bahwa, dari alokasi anggaran Rp1 Milyar lebih tersebut, akan ada sekitar tujuh (7) kelompok yang mendapatkan bantuan dari 17 kelompok tani yang diusulkan ke Provinsi. (GA. 212*)
×
Berita Terbaru Update