-->

Notification

×

Iklan

Buyung: Kucuran DPPID Dikpora Kota Bima Sebesar Rp851 juta

Thursday, September 15, 2011 | Thursday, September 15, 2011 WIB | 0 Views Last Updated 2011-09-15T05:41:01Z
Kota Bima, Garda Asakota.-
Pemkot Bima melalui Dikpora mendapat kucuran Dana Percepatan Pembangunan Infrastruktur daerah (DPPID) sebesar Rp851 juta. Dana ini sebagaimana dijelas¬kan oleh Kasubdin Dikdas TK/SD, Arief Buyung N, S. Sos, dalam proses perenca¬na¬an untuk rehabilitasi ruangan dan pengadaan meubeler di sejumlah sekolah di Kota Bima. “Tahun ini kita mendapatkan kepastian alokasi Rp851 milyar lebih DPPID, dan sekarang baru dalam proses pe¬rencanaan,” ungkap Buyung kepada Garda Asakota di ruangan kerjanya, Sabtu (10/9).

Diakuinya, perencanaan penggunaan anggaran tersebut akan diarahkan kepada sejumlah sekolah baik sekolah swasta maupun sekolah negeri sebagai anak bangsa yang mesti mendapatkan perhatian dari pemerintah. “Peruntukannya untuk sekolah swasta maupun negeri, yang penting tidak salah sasaran dan dibelanjakan sesuai amanat Kemenkeu sebagai sumber dana DPPID ini,” ucap pria murah senyum ini.
Selain mendapat alokasi DPPID, pihak Dikpora melalui Dikdas TK/SD, juga men¬dapat kucuran DAK senilai Rp9,5 Milyar dengan rincian untuk SMP Rp2,717 Milyar dan sisanya untuk SD sekitar Rp6 Milyar lebih. “Nah, selain dana PPID, Dikdas juga mendapat alokasi DAK Rp9,5 Milyar. Total DAK ini, sudah termasuk 10 persen dana sharing APBD Kota Bima,” katanya seraya menjelaskan bahwa secara umum DAK itu akan diarahkan untuk pembangunan fisik dan peningkatan mutu sekolah sejumlah SD maupun SMP. “Untuk tingkat sekolah dasar kita rencanakan 18 SD, dan SMP sekitar 5 sekolah. Sedangkan besarnya alokasi anggaran setiap sekolah bervariasi, ada yang mendapatkan Rp180 juta dan bahkan Rp300 juta untuk kategori rehab berat seperti di SDN-39 Rabadompu,” rincinya.
Buyung menambahkan selain kucuran dana-dana tersebut, dukungan APBD Kota Bima juga sangat signifikan untuk pem¬bangunan dunia pendidikan seperti alokasi dana pemagaran untuk SMA-2 sebesar Rp130 juta dan pemagaran SMK-3 sebesar Rp115 juta. “Porsi APBD Kota Bima diren¬canakan akan terus berkelanjutan sesuai kemampuan keuangan daerah. Dan bagi sekolah lain, akan diupayakan melalui peru¬bahan APBD 2011,” tandasnya. (GA. 212*)
×
Berita Terbaru Update