-->

Notification

×

Iklan

Sumur ‘Temba Romba’ Semburkan Air Setinggi Dua Meter

Wednesday, August 3, 2011 | Wednesday, August 03, 2011 WIB | 0 Views Last Updated 2021-04-26T01:10:51Z
Sumur ‘Temba Romba’ Semburkan Air Setinggi Dua Meter


Bima, Garda Asakota.-


Fenomena unik terjadi di Desa Sumi Kecamatan Lambu Kabupaten Bima. Sebuah sumur keramat peninggalan sejarah, tiba-tiba menyemburkan air setinggi dua meter pada Selasa 26 Juli lalu. Tak ayal, sejak air terus menyembur, banyak warga setempat yang memanfaatkaannya, pasalnya sumur milik warga lainnya tidak mengalami hal serupa. 

Sebagian wargapun mengangap hal itu adalah rezeki berwujud air yang dapat mengobati segala macam penyakit termasuk untuk mengobati penyakit akibat kerasukan roh halus (dalam bahasa Bima-nya, parafu).

Menurut pengakuan warga setempat, pada sekitar pukul 07.30 Wita 26 Juli, dirinya mendengar teriakan dari seorang anak kecil yang meneriakan adanya semburan air di sebuah sumur yang dikenal dengan sebutan ‘Temba Romba’ tersebut. 

“Mendengar teriakan itu, awalnya saya tidak percaya. Masa sumur yang sudah ratusan tahun itu memunculkan air hingga ke permukaan, apalagi kedalamannya 7 meter?,” katanya.


Karena penasaran, dirinya bergegas mendekati lokasi. “Dan ternyata, hal yang aneh tapi nyata terjadi. Dari mulut Temba Romba, menyembur air seperti air mancur setinggi lebih kurang dua meter ke permukaan. Dan hal ini benar-benar aneh, hingga akhirnya ratusan warga dari desa Rato dan Sumi Kecamatan Lambu berdatangan menyaksikannya,” akunya.


Pantauan langsung Garda Asakota, bukan hanya warga masyarakat Lambu yang datang menyaksikan fenomena unik tersebut, namun warga dari arah Kecamatan Sape-pun terlihat datang berbondong-bondong. Mereka yang datang masing masing membawa ember dan botol serta jirigen untuk mengambil air itu, konon katanya berkhasiat untuk segala macam penyakit. Di tempat itu juga terlihat anak-anak dan pemuda-pemudi serta ibu-ibu, mandi massal hingga sekitar pukul 12.00 Wita, fenomena unik itu berakhir. (GA. 333*)
×
Berita Terbaru Update