-->

Notification

×

Iklan

Ketua DPD PAN Kota Bima Buka Kejuaraan Catur

Tuesday, August 23, 2011 | Tuesday, August 23, 2011 WIB | 0 Views Last Updated 2011-08-23T02:42:25Z
Foto: Ketua DPD PAN Kota Bima Feri Sofyan, SH

Kota Bima, Garda Asakota.-
Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Bima Provinsi NTB, menggelar kejuaraan Catur memperebutkan piala bergilir Hatta Rajasa dan piala tetap Rudi Mbojo, di Rumah PAN Kota Bima jalan Gajah Mada lingkungan Tolomundu, Sabtu (20/8). Kejuaraan Catur Hatta Rajasa Cup yang diselenggarakan ini, selain menyemarakkan HUT ke-13 PAN, juga bertujuan untuk
menggaungkan Partai Amanat Nasional agar semakin terkenal dan disenangi masyarakat.
Menurut Ketua Panitia Pelaksana, H. Ridwan Mustakim, menekankan bahwa, kejuaraan ini merupakan dorongan dan motivasi bagi para pecatur untuk bisa lebih mengasah kemampuan hingga bisa meraih hasil yang maksimal. “Yang saya ketahui di Kota Bima saat ini, bibit pecatur sangat banyak terutama yang masih junior. Dengan latihan secara rutin dapat menciptakan mental untuk selalu siap bertanding,” aku kerabat dekat mantan Walikota Bima, almarhum HM. Nur A. Latief ini.
Di lain pihak, Sekretaris Panitia Pelak¬sana, El-Kacen Haryobi, menambahkan bahwa, kejuaraan catur dapat terlaksana berkat dukungan penuh dari kader-kader energik PAN yang masuk dalam kepengu¬rusan baru DPD PAN periode 2011-2016, termasuk dari dukungan penuh unsur Pimpinan DPRD Kota Bima dari PAN, Feri Sofyan, SH, maupun dari anggota DPR RI utusan PAN, Rudi Mbojo, yang menggelon¬tor¬kan dana khusus untuk menyukseskan kegiatan tersebut. “Semuanya ditanggung oleh kader-kader PAN, bahkan Ketua DPP PAN, M. Hatta Radjasa, menyiapkan piala bergilir, karena menilai DPD Kota Bima adalah satu-satunya daerah yang menye¬lenggarakan open turnamen catur pada saat HUT PAN,” ungkapnya.
Untuk hasil kegiatan kejuaraan catur ini, El-Kacen berharap nantinya Kota Bima akan memiliki pecatur yang tangguh dan dapat membawa harum nama daerah pada even kejuaraan catur baik di tingkat Provinsi NTB maupun Nasional, serta dapat memo¬tivasi pecatur daerah untuk lebih giat berlatih mencapai prestasi yang lebih baik. “Kebetulan di Kota Bima tahun 2012 akan diadakan Kejurda catur se-NTB. Yang dilombakan pada kegiatan yang diadakan PAN ini, sama dengan Kejurda nantinya. Makanya sedini mugkin sudah kita per¬siapkan pemain catur yang akan mewakili Kota Bima,” katanya.
Sementara itu, Ketua DPD PAN Kota Bima, Feri Sofyan, SH, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa, kejuaraan catur yang dibukanya itu merupakan kali ke-2 yang dihelat di pulau Sumbawa setelah sebelumnya dirinya membuka kejuaraan catur Hj. Ferra Amelia cup.
Menurutnya, olah-raga catur sangat mengandalkan taktik dan strategi yang mempunyai tujuan sangat strategis, yaitu untuk menggali dan menjaring bibit pecatur yang berbakat yang potensial untuk dikem¬bangkan. Selain itu katanya, untuk mening¬katkan prestasi atlet-atlet catur di daerah ini, dan dengan dilaksanakannya kejuaraan catur ini diharapkan dapat memberikan motivasi ke arah yang lebih positif bagi generasi muda khususnya pecinta catur di daerah ini. “Catur merupakan olahraga yang banyak digemari oleh masyarakat, karena sifatnya yang murah meriah akan tetapi bisa mengasah pikitran dan emosi pemain. Untuk itu perlu digairahkan melalui kejuaraan seperti ini,” ucap Feri. Pria yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Bima ini. Ditegaskannya bahwa, kejuaraan ini merupakan bagian dari bimbingan sekaligus pembinaan bagi bibit catur di daerah agar dapat menjadi master catur, juga sekaligus merupakan bagian dari menjalin silaturahmi sekaligus berkonsoli¬dasi dengan pengurus PAN baik dari tingkat ranting hingga tingkat DPP. Untuk itu, Feri berharap event sema¬cam ini dapat dijadikan sarana untuk mem¬perkuat atlet catur dalam mengikuti kejua¬raan catur daerah pada tahun 2012 mendatang.
Pantauan langsung Garda Asakota, kejuraan Catur Hatta Rajasa Cup ini, dibuka secara resmi oleh Ketua DPD PAN Kota Bima, Feri Sofyan, SH. Selain diikuti pe¬serta dari kalangan masyarakat umum, kejuaraan juga diikuti oleh peserta dari utusan Percasi Kota Bima maupun Percasi Kabupaten Bima dengan total jumlah pe¬serta sebanyak 46 pecatur, dengan klasi¬fikasi peserta junior (18 orang), senior (20 orang), dan peserta dari veteran sebanyak 8 orang. Kegiatan ini dijadwalkan akan berlangsung selama seminggu dan akan ditutup tanggal 27 mendatang sekaligus diadakan buka puasa bersama.
Sekjend DPD PAN Kota Bima, Ir. M. Nor, mengemukakan bahwa, sedianya menyambut HUT ke-13 PAN, direncanakan akan diadakan lomba perahu layar dari pelabuhan Bima menuju labuhan Bajo Ke¬camatan Soromandi. “Tapi karena moment¬nya puasa, dihitung-hitung kembali terlalu berat. Makanya diputuskan diadakan kejuaraan catur,” jelasnya. Selain kejuaraan catur, pihak panitia juga akan mengadakan pebagian Sembako yang akan dilaksanakan pada saat penutupan tanggal 27 Agustus mendatang, sekaligus buka puasa bersama dengan para kader PAN. (GA. 212*)
×
Berita Terbaru Update