-->

Notification

×

Iklan

Oktober, Dekranasda NTB Bakal Gelar Lomba Rancang Busana Daerah

Wednesday, July 13, 2011 | Wednesday, July 13, 2011 WIB | 0 Views Last Updated 2011-07-12T23:51:53Z
Mataram, Garda Asakota.-
Dekranasda Provinsi NTB pada bulan Oktober mendatang, akan menggelar kegiatan pagelaran seni merancang busana yang ke XI dengan tema utama tentang busana pengantin daerah (Sasak, Sumbawa, Mbojo), yang dipadukan dengan etnik modern. “Sedangkan untuk kriteria busana kerja memakai dua (2) kategori perlombaan, yaitu kategori busana daerah pria dan busana daerah
wanita yang juga dipadukan dengan etnik modern.
Begitu pula dengan mata lomba busana daerah remaja harus di padukan dengan etnik modern dengan menggunakan bahan-bahan dari kain tenun songket asli buatan Rakyat NTB,” cetus Linda Hamidi, Ketua Panitia Penyelenggara Pagelaran Seni Merancang Busana yang ke-XI Dekranasda NTB kepada Garda Asakota belum lama ini.
Pengambilan tema ini menurutnya diharapkan dapat meningkatkan kreatifitas dan daya saing para perancang busana NTB dengan daerah-daerah lain hingga ke tingkat perlombaan yang berskala Nasional. “Sedangkan wacana untuk kriteria penilaiannya akan dilihat dari aspek keserasian warna, kerapian jahitan, tentunya tidak memperlihat kan aurat. Dan disainnya dianjurkan agar mengikuti trend masa kini. Untuk stailisnya harus disesuaikan dengan pakaian, make up, dan sepatu yang akan di gunakan pada saat penilaian tersebut. Untuk penilaian utama adalah aspek kreatifitas para pendesainnya, apakah mampu untuk memadukan antara busana daerah dengan etnik modern,” jelas Linda lagi. Sementara untuk total hadiahnya akan lebih besar dari tahun sebelumnya yakni Juara Pertama akan mendapatkan uang sebesar Rp3 juta. (GA. 432*)
×
Berita Terbaru Update