-->

Notification

×

Iklan

Berkat Swadaya, Aula Ikhlas KUA Sape Akhirnya Diresmikan

Wednesday, July 13, 2011 | Wednesday, July 13, 2011 WIB | 0 Views Last Updated 2011-07-13T00:07:40Z
Bima, Garda Asakota.-
Kepala Kementerian Agama (Kakemnag) Kabupaten Bima, Drs. H. Yaman H. Mahmud, didampingi Ketua BAZDA Kabupaten Bima, Drs. H. Ahmad Husen, meresmikan pembangunan aula Al Ikhlas Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sape Kabupaten Bima. Peresmian aula yang dibangun dari hasil swadaya ini, dihadiri oleh Camat Sape, Yuwaid, S.Sos, unsur Muspika, Pendais Kecamatan Sape-Lambu, seluruh jajaran pendidikan MIS/MIN/MTs Swasta/MTSN se Kecamatan Sape-Lambu, dan para tokoh masyarakat setempat diantaranya HM. Tayeb H. Sanusi.

Kepala KUA Kecamatan Sape Yakub, S.Ag, mengungkapkan bahwa, ide awal pembangunan aula ini berangkat dari kepritinan tidak adanya tempat khusus untuk pembinaan kegiataan keagamaan terutama untuk pelatihan dan manasik haji. “Selama ini kita hanya pinjam pakai, kalau tidak di aula kantor Camat Sape, kami memakai masjid Raya Al-Munawwarah Sape,” ungkapnya kepada wartawan,
Menurutnya, pembangunan aula ini dapat terselesaikan lebih kurang setahun lamanya. Hal ini, kata dia, berkat adanya swadaya dari jamaah haji tahun 2010 lalu yang dipandu oleh H. Abidin dan H. Ismail senilai Rp4 juta. “Dana awal ini kita pakaikan untuk pembangunan pondasi, dan kemudian kelanjutannya berkat bantuan dari berbagai unsur baik dari BAZDA Kabupaten Bima, sumbangsih para kepala MIN/MIS/MTs Swasta maupun MTSN, jajaran KUA Lambu, serta swadaya warga masyarakat Desa Bugis,” terangnya seraya menambahkan bahwa, hadirnya gedung aula diperuntukan untuk segala kegiatan keagamaan, baik untuk pelatihan calon jama’ah haji, pembinaan Qori’-Qori’ah, pelatihan para da’i dan mubaligh. “Sesuai dengan harapan kami aula bermanfaat untuk seluruh umat Islam,” tambahnya.
Sementara itu, Camat Sape, Yuwaid, S.Sos, berharap agar aula ini dapat dioptimalkan untuk pelatihan jama’ah haji dan juga sebagai wadah atau tempat pembinaan para mubaligh serta para Qori’ dan Qori’ah. Atas nama pemerintah kecamatan, pihaknya menyampaikan rasa haru dan bangganya atas pembangunan aula tersebut, meskipun hanya berukuran sebesar 7 x 12 m2. “Namun hal ini saya yakin sangat bermanfaat untuk umat,” ucapnya.
Sedangkan Kepala Kementrian Agama Kabupaten Bima, Drs. H. Yaman H. Mahmud, didampingi Ketua BAZDA Kabupaten Bima, Drs. H. Ahmad Husen, sebelum meresmikan aula Ikhlas KUA Sape berpesan agar seluruh jajaran keagamaan dapat menyelenggarakan dan menyuarakan program pemerintah yaitu dengan membiasakan dan membudayakan membaca Al Quran antara Maghrib dan Isya kemudian menyuarakan program masyarakat berzakat. Karena zakat merupakan sebuah kewajiban spiritual bagi kita untuk membersihkan jiwa dan harta.
Dan yang paling utama agar setiap melaksanakan akad nikah diwajibkan agar kedua calon pengantin di teskan dulu membaca Al Quran dan kewajiban bagi calon pengantin baru untuk menanam satu pohon sebelum diakadkan. (GA. 333*)
×
Berita Terbaru Update