Header Ads

Hasil UN di Kabupaten Bima, Lulus 99, 74 persen

Bima, Garda Asakota.-
Ujian Nasional (UN) tahun ini di Kabupaten Bima mencatat hasil yang menggembirakan dan cukup signifikan dibanding penyelenggaraan ujian tahun tahun sebelumnya. Pada jenjang SMA/MA/SMK/SMALB yang diikuti 6.620 siswa, 6.603 diantaranya atau sekitar 99,74 persen dinyatakan lulus. Sedang¬kan sisanya 17 siswa atau 0,26 persen dinyatakan tidak lulus.

Kabag Humaspro Pemkab Bima, Drs. Aris Gunawan, sesuai catatan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga (Dikpora) Kabupaten Bima mereka yang dinyatakan tidak lulus itu yakni, 1orang siswa SMA-1 Wera, 2 siswa SMA 1 Monta, 2 siswa SMA 1 Parado, 1 siswa SMA 1 Palibelo, 1 siswa SMA 1 Soromandi, 8 siswa MA Al-Furqan Cenggu, 1 siswa MA Al-Muba¬rak Wawo, dan 1 siswa lainnya dari SMK-5 Bima. “Hasil ini menunjuk¬kan keberhasilan pembangunan bidang pendidikan, disamping adanya komitmen Pemerin¬tah Daerah bagi kemajuan dunia pendi¬dikan di daerah ini melalui dukungan dana yang dialokasilkan pada tahun ajaran 2010-2011,” ucapnya.
Dijelaskannya bahwa, untuk peme¬nuhan anggaran pendidikan melalui realisasi belanja langsung dan belanja tidak langsung termasuk di dalamnya gaji adalah sebesar Rp303,4 atau 43,34 persen dari total APBD Tahun 2010, sehingga melebihi syarat minimal sebagaimana yang diamanatkan oleh Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Peningkatan secara signifikan tingkat kelulusan ini diharapkan akan dapat dipertahankan pada periode UN tahun depan mengingat pentingnya angka kelulusan ini sebagai indikator utama kemajuan pendidikan yang se¬dang giat-giatnya dilaksana¬kan.
”Apalagi pendidikan adalah merupa¬kan salah satu komponen yang meme¬gang peranan penting dalam Indeks Pem¬bangunan Manusia Kabupaten Bima,” tegasnya. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.