-->

Notification

×

Iklan

Wakil Walikota Pantau Pelaksanaan UN di SMK-1

Thursday, April 21, 2011 | Thursday, April 21, 2011 WIB | 0 Views Last Updated 2011-04-21T01:34:54Z
Kota Bima, Garda Asakota.-
Hari Senin kemarin (18/4) merupa¬kan hari Pertama pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di seluruh SMA/MA/SMK. Sepertinya halnya pelaksanaan UN yang berlangsung setiap sekolah akan ada tim pengawas dari instansi Pemerintah dibantu aparat kepolisian yang diturunkan untuk membantu agar perlaksanaan ujian berlangsung aman dan transparans. Di SMK-1 Kota Bima, pelaksanaan UN sempat mendapat perhatian dari Wakil WaliKota Bima, H. A. Rahman H. Abidin dan pejabat dari Dikpora Kota Bima.
Apa yang dilakukan oleh Wawali ini sebagai bentuk kepedulian dan kese¬riusan pemerintah dalam melakukan monitoring pelaksanaan UN di Kota Bima. “Kami selaku Pemerintah akan mengawal dan menjaga pelaksanaan Ujian Nasional dengan melakukan monitoring di seluruh sekolah. Bahkan Walikota pagi ini memonitoring di SMU 1 Kota Bima,” ungkap H. Man, sapan akrab Wawali Kota Bima.
Menurutnya dalam kegiatan monitoring itu, pihaknya membagi-bagi tugas dengan melibatkan seluruh SKPD, baik kepala dinas maupun pegawai pemerin¬tah. “Mereka bertugas di masing- masing sekolah yang sudah ditetapkan sebelumnya. Dengan tujuan agar pelaksanaan ujian berlangsung dengan lancar dan tertib tanpa ada hambatan sedikitpun,” akunya.
Sementara itu, pihak Dikpora Kota Bima melalui, M. Salahudin, menjelas¬kan bahwa, pelaksanaan ujian tahun ini dilaksanakan dengan penuh teliti.
Pihaknya menggandeng kerjasama dengan aparat kepolisian dalam mela¬ku¬kan pengamanan, pengawasan dan penyerahan soal ujian kepada setiap sekolah. “Bahkan semua soal ujian selu-ruhnya diamankan di kantor kepolisian,” katanya. Untuk setiap mata pelajaran yang akan diujikan pada setiap harinya, soalnya akan diambil oleh pengawas di kantor kepolisian dengan pengawalan aparat kepolisian. “Sehingga pada saat pengambilan dan penyerahan soal pengawas selalu dijaga oleh anggota kepolisian agar kerahasiaan soal tetap terjaga,” imbuhnya yang saat itu didampingi Kepala SMK-1 Kota Bima, Muhtar, S. Pd, M.Si.
Penyelenggaraan UN tahun ini selain mendapat pengawasan dari pemerintah Kota Bima juga mendapat perhatian khusus dari Dikpora Propinsi NTB, dengan didatangkannya pengawas dari Propinsi NTB melalui tim pengawas satuan pendidikan UN.
Tim pengawas dari NTB, HM.¬Natsir, M. Hum, menje¬laskan bahwa tugas pihaknya meliputi pengawasan terhadap percetakan soal, pendistri¬busian soal pengembalian lembar jawa¬ban ujian nasional hingga pada penga¬wa¬san sekolah penyeleng¬gara UN. Dalam pengawasannya, kata dia, tim melaksanakan secara teroganisir dima¬na penanggung jawab pelaksanaa¬nya adalah Rektor Unram selaku pem¬bina baik perguruan tinggi maupun swasta yang ada di Prop.NTB. “Dan penga¬wasan ini bekerjasama dengan Dinas Dikpora Propinsi Kota maupun Kabu¬pa¬ten Bima,” tandasnya. (GA. 334*)
×
Berita Terbaru Update