-->

Notification

×

Iklan

Wabup: Bangun Bima dengan Bekerja

Monday, March 28, 2011 | Monday, March 28, 2011 WIB | 0 Views Last Updated 2011-03-27T23:49:14Z
Bima, Garda Asakota.-
Diklat Prajabatan CPNSD Golongan III Angkatan I Tingkat Kabupaten Bima Pola Kemitraan Dengan Badan Kepe¬gawaian Daerah Propinsi NTB Tahun Anggaran 2011 ditutup Wakil Bupati Bima, Drs. H. Syafrudin HM., Nur., Sa¬btu malam (26/3), di aula LLK Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabu¬paten Bima.
Acara tersebut dihadiri pula Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Bima, perwakilan BKD Provinsi NTB, Sekretaris Daerah Kabupaten Bima, Asisten I dan III Setda, SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Bima, Widyaswara Badan Diklat Propinsi Nusa Tenggara Barat, dan Widyaiswara Kabupaten Bima.

Ketua panitia yang juga Kabid Kediklatan BKD Kabupaten Bima, Dra. Eny Rochyati, menyatakan berdasarkan pengamatan, Diklat Prajabatan yang berlangsung dari tanggal 7 sampai dengan 26 Maret 2011 di LLK ini berlangsung lancar, tertib dan aman. “Ini berkat partisipasi semua pihak, serta motivasi semangat yang diberikan Bupati dan Wabup ketika menghadiri pembukaan Diklat serta kesadaran peserta akan pentingnya Prajabatan,” ungkapnya sebagaimana dilansir Kabag Humaspro, Drs. Aris Gunawan.
Misi Diklat, lanjutnya, adalah untuk membentuk sosok PNS yang memiliki kesetian, bermoral, profesional dan sadar akan tanggung jawab sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. Selama Diklat yg berlangsung 20 hari, peserta golongan III angkatan 1 yang berjumlah 87 CPNSD tersebut benar-benar ditempa baik secara fisik.
Sesuai amanat PP nomor 101 tahun 2000 peserta dibekali 216 jam pembe¬lajaran secara intensif dibawah gem¬blengan para widyaiswara NTB, tutor
pejabat struktural Pemkab Bima, pelatih dari KODIM 1608. Dalam evaluasi akhir, akan ada peserta yang dinyatakan lulus bersyarat karena terkait disiplin dan kelulusan akan tergantung pada akumulasi hasi l pembelajaran
“Disamping secara fisik dan inte¬lektual, peserta juga dibekali pembinaan IMTAQ dan materi managemen qalbu, shalat berjamaah dan yasinan tiap Malam Jumat sebelum penyajian materi sehingga diharapkan akan melahirkan aparatur yang siap mengemban tang¬gung jawab kedinasan,” tegasnya.
Sementara itu, ungkap Kabag Hu¬maspro, Juwaidin, M.Pd, yang mewakili peserta dalam ungkapan kesan-kesan peserta Prajabatan menyatakan, awal¬nya berpikir bahwa Prajab merupakan momok, namun setelah menjalani ter¬nyata cukup banyak dan keterampilan dari pelatih, karena dididik, untuk me¬ma¬hami betapa pentingnya kebersa¬maan. Meski kadang keras, tapi peserta sadar gemblengan tersebut. Dukungan Pemkab Bima menjadi bukti kuatnya komitmen dalam menciptakan SDM aparatur pemerintah daerah yang ber¬kompeten. Setelah kembali ke masing-masing SKPD diharapkan dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsi (TUPOKSI) secara profesional.
Juwaidin berharap ke depan bukan hanya Diklat Prajab saja yang perlu diselenggarakan di Bima tetapi juga Diklat Kepemimpinan tingkat III dan IV. Selain itu, fasilitas dan sarana asrama masih perlu ditingkatkan agar Diklat dapat dilaksanakan dengan lebih optimal dan lebih baik. (GA. 212*)
×
Berita Terbaru Update