-->

Notification

×

Iklan

Inspektorat: Joint Audit Termasuk Proyek DAK 2009

Monday, March 28, 2011 | Monday, March 28, 2011 WIB | 0 Views Last Updated 2011-03-28T00:01:27Z

Kota Bima, Garda Asakota.-
Pemerintah Kota (Pemkot) Bima berkeinginan kuat untuk menyuguhkan laporan keuangan yang akuntabel dan transparan. Menindak-lanjuti keinginan tersebut, pada tanggal 3 Januari lalu Pemkot Bima menggandeng kerjasama audit (joint-audit) pengelolaan ke¬uangan dengan pihak BPKP Denpasar, sesuai dengan komitmen bersama yang tertuang dalam surat BPKP Nomor: 700/01/I/2011, tanggal 3 Januari 2011 lalu. “Joint audit ini berisi tujuh point diantarannya terkait dengan audit pelaksanaan proyek DAK Dikpora tahun 2009,” ungkap Inspektur Ins¬pektorat Kota Bima, H. Ach. Fachtoni, SH, kepada wartawan, Sabtu (26/3).
Joint-audit ini merupakan audit khusus di luar audit reguler yang dilak¬sanakan oleh BPKP. Menurut Toni, ada Tim khusus yang dibentuk oleh BPKP yang telah bekerja selama
kurang lebih 46 hari sejak ditanda-tanganinya kerjasama tersebut. “Dan Insya’Allah hari Senin ini (28/3), hasilnya akan dilaporkan ke Baper BPK Denpasar dan pak Walikota Bima,” akunya.
Ditegaskannya bahwa, sasaran joint-audit tersebut untuk melihat se¬jauh-mana disiplin pengelolaan ke¬uangan Daerah, karena Pemkot Bima sangat berkeinginan menyuguhkan laporan keuangan yang akuntabel dan transparan untuk menghindari cap disclaimer yang selama ini selalu melekat.
“Makanya Pemkot Bima saat ini menaruh harapan besar laporan hasil keuangan daerah dibawah kepemim¬pinan H. Qurais H. Abidin bisa mem¬peroleh opini WTP (Wajar Tanpa Penge¬cualian),” tegasnya.
Ketika disinggung hasil audit pelaksanaan proyek DAK Dikpora tahun 2009, pihaknya belum bisa membeberkannya karena hal itu akan dilaporkan dulu ke pimpinan. Hanya saja saat itu, Toni sempat menyayangkan adanya pihak tertentu yang melakukan penyegelan salah satu sekolah penerima DAK tahun 2009. “Itu sangat kita sesalkan, karena sama halnya mence¬derai dunia pendidikan dan fasilitas umum yang juga nota-bene milik masyarakat,” sesalnya. (GA. 212*)
×
Berita Terbaru Update