-->

Notification

×

Iklan

Camat Asakota dan Jajaran, Gelar Tanam 2.500 bibit Pohon

Monday, January 10, 2011 | Monday, January 10, 2011 WIB | 0 Views Last Updated 2011-01-10T00:56:53Z


Kota Bima, Garda Asakota.-
Memanfaatkan hari Sabtu sebagai hari olah-raga, jajaran kantor Kecama¬tan Asakota Kota Bima, KCD Kehuta¬nan, dan seluruh jajaran instansi Kelu¬rahan di Kecamatan Asakota, meng¬gelar kegiatan penghijauan dengan menanam sekitar 2.500 bibit pohon di sepanjang jalan kawasan hutan Ncai Kapenta, Sabtu (8/1).
Kegiatan ini didukung sepenuhnya oleh Dinas Kehutanan dan Perkebunan sebagai penyedia bibit, untuk mendu¬kung instruksi Walikota Bima tentang
penghijauan dan dukungan kepada program pemerintah Pusat untuk menanam 1 miliar pohon.
Camat Asakota, Ismail M. Rasyd, SH, menjelaskan bahwa kegiatan pena¬naman yang dilaksanakannya itu meru¬pakan bagian dari agenda rutin pihak¬nya untuk terus meningkatkan kinerja dan berjuang untuk kepentingan rakyat semata. Kebanyakan bibit pohon, kata dia, ditanam dekat jurang. “Ini bertujuan, bila bibit pohon ini tumbuh besar, maka diharapkan dapat mengurangi resiko kecelakaan yang akhir-akhir mulai meningkat,” ujarnya.
Penanaman yang dilakukan pihak¬nya akan terus dilakukan, tentunya setelah berkoordinasi dengan KCD Kehutanan maupun dengan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kota Bima. Besar harapan pihaknya, agar ribuan pohon yang ditanam di kawasan Ncai Kapenta sepanjang 9 km itu sama- sama dijaga dan lestarikan.
Hal senada juga ditegaskan oleh KCD Kehutanan Asakota, Muhtadi. Kepada Garda Asakota menjelaskan bahwa jenis pohon yang ditanam dalam kegiatan penghijauan tersebut antara lain Sengon dan Trembesi. Kenapa dipilih Sengon dan Trembesi?, karena Sengon merupakan jenis pohon yang jauh dari gangguan hama dan tidak disukai oleh hewan ternak, sehingga besar harapan untuk tumbuh subur. “Sedangkan pohon trembesi berguna untuk menyerap polusi udara yang saat ini tingkat polusinya sangat tinggi karena jumlah kendaraan yang ada Kota maupun kabupaten Bima sangat banyak,” jelasnya.
Muhtadi mengaku jajaran Kehuta¬nan akan terus menjaga kelestarian pohon yang telah ditanam dengan mela¬kukan pengontrolan tiga kali dalam seminggu. Bila ditemukan bibit yang sudah mati, pihaknya berkomitmen akan mengganti secepatnya.
Sementara itu Kabid Pengamanan dan Perlindungan Hutan Dinas Kehu¬tanan dan Perkebunan Kota Bima, Drs. Saifudin, mengaku kegiatan ini meru¬pakan inisiatif dari pihak Kecamatan dan KCD Kehutanan Asakota.
Sedangkan pihaknya di dinas hanya memfasilitasi dengan menyiapkan sebanyak 2500 bibit untuk ditanam bersama-sama. “Dan Al-hamdulillah semua pohon telah tertanam,” katanya. Diapun menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk sama-sama menjaga kelestarian hutan yang saat ini mulai gundul.
Pantauan langsung Garda Asakota, ratusan pegawai lingkup Kecamatan Asakota bahu-membahu melaksana¬kan kegiatan penanaman di sepanjang jalan kawasan Ncai Kapenta. Dalam gotong royong tersebut semua bekerja sesuai dengan porsi yang telah ditentu¬kan, bahwa setiap 1 km hanya satu instansi yang menanam pohon.
Selain Camat Asakota dan KCD Kehutanan Asakota, juga tampak hadir Lurah Melayu, Sirajudin S. Sos beserta jajaran, Lurah Jatibaru, Tasrif, S. Sos dan jajaran, Lurah Kolo, Abdin Manan. (GA. 334*)
×
Berita Terbaru Update