-->

Notification

×

Iklan

BPMDes Rencanakan Program Pemberdayaan Masyarakat

Wednesday, January 5, 2011 | Wednesday, January 05, 2011 WIB | 0 Views Last Updated 2011-01-07T03:59:28Z

Sekretaris BPMDes Kabupaten Bima, Salahudin SH

Bima, Garda Asakota.-
Memasuki awal tahun 2011 berbagai macam rancangan program dan tero¬bosan tengah disiapkan oleh berbagai SKPD untuk meningkatkan kualitas kerja demi peningkatan pelayanan kepada masyarakat.
BPMDes Kabupaten Bima misal¬nya, dalam beberapa bulan kedepan akan melakukan kegiatan dan program yang nantinya diharapkan dapat mem¬bantu masyarakat. Adapun beberapa program kerja yang siap dilaksanakan meliputi kegiatan Musrenbang tingkat kecamatan, penyusunan rencana kerja jangka menengah tingkat kecamatan, penyusunan anggaran pendapatan belanja desa (APBDES) tahun 20011, lomba desa, rencana pemekaran 27 desa, bantuan BumDes (badan usaha milik desa), serta rencana pemberian bantuan PNPM Mandiri Pedesaan.
“Dimana beberapa item kegiatan ini, rencananya akan diadakan di tiap kecamatan dan diikuti oleh SKPD yang nantinya akan dibagi dalam dua tim yaitu tim dari Bappeda dan BPMDes,” ungkap Sekretaris BPMDes Kabupaten Bima, Salahudin SH, kepada wartawan, Senin (3/1).
Menurutnya, hampir semua program kerja yang akan dilaksanakan oleh BPMDes beberapa bulan kedepan diprioritaskan untuk peningkatan mutu pelayanan dan membantu perekono¬mian masyarakat menengah kebawah. Hal ini, kata dia, bisa dilihat dari program kerja penyusunan APBDes tahun 2011. “Dimana kita akan memfasilitasi dengan mengundang camat maupun kepala desa untuk diberi teknis dalam penyusunan APBDes sekaligus mem¬berikan kewenangan kepada camat untuk melaksanakan kegiatan tersebut yang tentunya dalam pengawasan pemerintah daerah,” katanya. Adapun kegiatan lainnya, sambung Salahuddin, yakni kegiatan lomba desa dan peme¬karan 27 desa yang direnca¬na¬kan pada bulan April-Mei menda¬tang. Sedangkan bantuan langsung PNPM Mandiri dari dana APBN se¬be¬sar Rp15 Milyar, direncanakan akan diberikan kepada delapan (8) Kecama¬tan di Kabupaten Bima yaitu Kecama¬tan Sape, Wera, Belo, Monta, Sanggar, Donggo, Lambu, dan Ambalawi. (GA. 334*)
×
Berita Terbaru Update